8 Wisata Alam Air Terjun di Bogor dan Puncak Yang Seru

Buat kamu yang tinggal di Jabodetabek dan ingin mengunjungi wisata alam datang saja ke Bogor, kota yang mempunyai julukan kota hujan ini punya beragam destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi salah satunya adalah air terjun atau yang dikenal juga dengan curug. Cuma sekitar 1,5 – 2 jam dari Jakarta kamu bisa menemukan banyak air terjun dengan karakteristik tersendiri, mungkin ini bisa jadi destinasi seru untuk menghabiskan masa liburan kamu. Berikut sejumlah air terjun atau curug yang ada di Bogor dan Puncak.

Air Terjun di Bogor

1. Curug Cigamea

Curug Cigamea

Curug Cigamea terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) atau yang dikenal juga dengan nama Gunung Bunder, letaknya berada dekat dengan pintu masuk dari arah Cibatok. Menurut beberapa sumber, ketinggian air terjun cigamea ini sekitar 30 meter. Di bawah curug terhampar bongkahan batu kali raksasa yang hitam pekat. Selain curug cigamea, di kawasan ini juga terdapat beberapa air terjun namun yang paling terkenal adalah Curug Cigamea.

2. Curug Nangka

Curug Nangka

Masih di kawasan TNGHS ada Curug Nangka yang bisa dikunjungi letaknya berada di Ciapus, Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke air terjun ini Anda bisa menggunakan angkutan umum jurusan Ramayana (BTM) – Ciapus (No. 03) yang bisa Anda temukan di depan Bogor Trade Mall (BTM). Di Curug Nangka ini ada 3 air terjun yaitu Curug Nangka, Curug Daun dan Curug Kawung. Dari ketiga curug tersebut, Curug Nangkalah yang mempunyai arus air paling deras.

3. Curug Bidadari

Curug Bogor

Kalau ingin curug dengan suasana waterboom ada curug bidadari yang terletak di Sentul, Kabupaten Bogor. Di area curug ini sudah dirubah dengan penambahan area kolam, sehingga para pengunjung bisa menikmati air terjun dengan berenang atau menggunakan ban pelampung sedangkan air terjunnya masih dibiarkan alami mengalir dari tebing tinggi.

4. Curug Leuwi Hejo

Leuwi Hejo
sumber

Masih di daerah sentul kalian juga bisa mengunjungi curug leuwi hejo, ini adalah curug mini yang ditampung oleh kolam berwarna hijau dan memiliki air yang sangat jernih. Salah satu yang menjadi favorit di Curug Leuwi Hejo adalah kolam di bawah air terjun yang dapat digunakan sebagai tempat berenang atau bermain air para pengunjung. Selain Curug Leuwi Hejo, di sekitar lokasi itu jug ada beberapa curug lain seperti Curug Leuwi Lieuk dan Curug Leuwi Cepet.

Air Terjun di Sekitar Puncak

5. Curug Cilember


Bagi yang ingin mengunjungi wisata air terjun di puncak ada curug cilember yang bisa dikunjungi, letaknya ada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di sini ada tujuh buah air terjun yang bisa kalian lihat, semakin kecil angkanya maka posisi air terjunnya semakin tinggi. Untuk mencapai curug tujuh medannya tidak sulit sehingga curug ini menjadi favorit wisatawan.

6. Curug Naga


Curug Naga adalah salah satu tempat untuk melakukan body rafting di puncak, letaknya berada di daerah Megamendung, Bogor. Terdapat 3 curug yang bisa dikunjungi disini yaitu Curug Priuk, Curug Naga, dan Curug Barong. Untuk bisa melihat curug-curug tersebut pengunjung harus mengikuti paket dari pengelola mulai dari harga Rp. 75.000 sampai Rp. 350.000.

7. Curug Cibogo


Curug Cibogo adalah salah satu air terjun yang berada di dalam Kebun Raya Cibodas, air terjun ini tidak terlalu tinggi dan besar namun cukup bagus. Untuk bisa mengunjungi air terjun Cibogo ini pengunjung harus masuk ke dalam kebun raya cibodas setelah itu menuju ke taman sakura dan jalan air, karena letak air terjunnya berada tidak jauh dari tempat tersebut. Selain Cibogo, di dalam kebun raya juga ada air terjun ciismun.

8. Curug Cibeureum


Masih di daerah Cibodas ada air terjun Cibeureum yang bisa dikunjungi. Air terjun ini letaknya ada di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Untuk bisa melihat air terjun cibeureum ini pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam jalan kaki dari pintu masuk dan sesampainya di sana pengunjung bisa melihat tiga buah air terjun dengan karakteristik yang berbeda.


8 Wisata Alam Air Terjun di Bogor dan Puncak Yang Seru
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar