Gambaran Objek Wisata Curug Cibeureum

Curug atau yang dikenal juga dengan air terjun merupakan objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Banyak wisatawan berminat untuk mengunjungi curug karena suasana pegunungan yang masih alami dan asri. Selain itu, kamu juga bisa main seru-seruan dibawah aliran air terjun yang menyegarkan, apalagi bila dinikmati bersama teman atau keluarga.

Curug Cibeureum
Curug Cibeureum 1, Cibodas. via: omedoo.blogspot.co.id

Nah, untuk kamu yang tinggal di daerah Bogor atau Cianjur pasti sudah sangat kenal sekali dengan curug yang satu ini, yaitu Curug Cibeureum yang berlokasi di daerah Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga: 4 Objek Wisata di Cibodas Yang Bisa Kamu Kunjungi

Curug Cibeureum

Curug Cibeureum merupakan salah satu tempat wisata di Cianjur yang bisa kamu kunjungi, letaknya berada tidak jauh dari puncak pass maupun Kota Bogor. Dari Bogor kamu bisa menuju Curug Cibeureum dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, namun hal tersebut tergantung kondisi kepadatan lalu lintas yang kamu alami saat menuju Curug Cibeureum.

Cibeureum Cibodas
Curug Cibeureum 2. via: omedoo.blogspot.co.id

Curug Cibeureum ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, mempunyai ketinggian 50 meter dan berada di ketinggian 1675 mdpl. Suhu di sana cukup sejuk dengan suasana alami pegunungan. Saat mencapai lokasi curug, sekilas kamu hanya akan melihat satu air terjun, padahal ada dua air terjun lagi yang bisa kamu nikmati.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Cianjur Yang Menarik

Curug Cibeureum yang akan kamu lihat pertama kali adalah yang paling lebar dan cukup deras alirannya, dibawahnya terdapat kolam yang tidak dalam sehingga dapat digunakan untuk mandi atau bermain air. Curug cibeureum kedua berada di sebelah kanan curug pertama, lebarnya lebih kecil dan juga mempunyai kolam dibawahnya. Sedangkan Curug Cibeureum ketiga letaknya berada setelah air terjun kedua dengan karakter yang berbeda.

Perjalanan Ke Curug Cibeureum

Untuk menikmati Curug Cibeureum kamu harus punya tenaga yang cukup, karena membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam berjalan dari tempat membeli tiket sampai curug.

Jalan menanjak dan berbatu menuju curug cibeureum. via: omedoo.blogspot.co.id

Meskipun jalur yang disediakan sudah baik, tapi jalan yang harus kamu lalui itu adalah menanjak dan berbatu. Jadi usahakan kamu menggunakan sepatu atau sandal gunung yang bagus supaya kaki kamu tidak sakit dan menghindari batu yang licin.

Tapi jangan khawatir, nanti kamu akan menemukan jalan yang datar dan kamu juga bisa beristirahat sejenak di tengah perjalanan.

Fasilitas di Curug Cibeureum

Fasilitas di Curug Cibeureum secara keseluruhan sudah sangat baik. Hanya saja masih terdapat jembatan atau jalan yang terbuat dari kayu yang rusak atau bolong dan agak membahayakan bagi pengunjung bila tidak waspada. Selain itu, tersedia juga kamar bilas, toilet, mushola dan penjual air mineral.

Meskipun sudah menjadi lokasi wisata yang cukup diminati, suasana alami sekitar Curug Cibeureum masih terjaga dengan baik, karena berada di dalam wilayah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Cara Menuju Ke Cibeureum

Buat kamu yang ingin mengunjungi Curug Cibeureum, jalur yang ditempuh untuk menuju ke sana sangat mudah sekali. Kamu tinggal mengarahkan kendaraan menuju ke arah puncak hingga melewati masjid atta'awun dan hamparan kebun teh puncak.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Puncak Bogor

Setelah melewati masjid atta'awun, terus saja arahkan kendaraan mengikuti jalur sampai terlihat ada penunjuk arah di kiri jalan yang bertuliskan cibodas→. Setelah itu ikuti jalurnya saja dan kamu akan sampai di Objek Wisata Cibodas.

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum

Untuk masuk ke Curug Cibeureum kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp. 18.600 per orang (sudah termasuk asuransi).


Gambaran Objek Wisata Curug Cibeureum
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar