4 Objek Wisata di Cibodas Yang Bisa Kamu Kunjungi

Cibodas merupakan nama sebuah daerah wisata yang terletak di Kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Daerah ini mempunyai suhu udara yang cukup sejuk karena berada di dataran tinggi dan lokasinya berbatasan dengan Puncak Bogor. Terdapat tiga objek wisata yang dapat kamu kunjungi jika berkunjung ke Cibodas, yaitu sebagai berikut.

1. Kebun Raya Cibodas

kebun raya cibodas
Kebun Raya Cibodas, via: anandastoon.com

Kebun Raya Cibodas merupakan objek wisata sekaligus tempat penelitian berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat. Di sini terdapat ribuan pepohonan yang berusia hingga ratusan tahun, selain itu ada juga koleksi kaktus, anggrek, beberapa tanaman langka dan tanaman obat-obatan.

Di dalam Kebun Raya Cibodas ini kamu akan dimanjakan dengan hamparan rumput hijau yang sangat luas, lokasi ini seringkali dijadikan tempat berkumpul bagi para pengunjung. Selain itu terdapat pula dua air terjun yang bisa dinikmati di dalam Kebun Raya Cibodas yaitu Curug Ciismun dan Cibogo. Tak hanya itu di dalamnya juga terdapat danau, sungai, taman lumut, taman Sakura, rumah kaca, dan guest house.

Baca: 6 Tempat Wisata di Cianjur Yang Menarik

Nah, untuk kenyamanan, pihak pengelola kebun raya telah menyiapkan sejumlah fasilitas penunjang kepada para pengunjung seperti loket tiket, pusat informasi, pos keamanan, toilet di sejumlah titik, gazebo, tempat parkir kendaraan, arena outbound, dan kedai-kedai makanan.

2. Curug Cibeureum

curug cibeureum cibodas
Curug Cibeureum Cibodas

Selain kebun raya, Cibodas juga mempunyai air terjun yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Curug Cibeureum. Air terjun ini mempunyai tinggi 50 meter, letaknya berada di ketinggian 1675 mdpl. Untuk mencapai air terjun ini kamu harus melalui jalan menanjak yang terbuat dari batu dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Baca: Gambaran Objek Wisata Curug Cibeureum

Sebelum sampai ke air terjun nanti kamu akan menemukan danau telaga biru yang mempunyai air berwarna biru, selain itu ada juga jalan datar dengan beberapa spot foto berlatar belakang gunung. Sesampainya di air terjun cibeureum, kamu bisa bermain air disana. Ada tiga aliran air terjun yang bisa kamu nikmati di Cibeureum.

Soal fasilitas, Cibeureum mempunyai beberapa spot untuk istirahat. Selain itu di lokasi air terjun juga terdapat mushola, toilet, gazebo dan penjual air mineral. Nah, untuk menikmati air terjun ini kamu harus membayar tiket masuk seharga Rp. 18.600/orang pada hari libur.

3. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Mandalawangi Cibodas. via: nurlianasyaf.com

Buat kamu yang suka berkemah, di Cibodas ada bumi perkemahan mandalawangi yang letaknya bersebelahan dengan Kebun Raya Cibodas. Di tempat ini, kita dapat menikmati berbagai fasilitas dan objek wisata. Diantaranya adalah danau alami, sungai cikundul, jungle track, air terjun rawa gede, perahu dayung, patung dinosaurus, dan juga fasilitas high rope seperti flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan spider net.

4. Canopy Trail Cibodas

Canopy Trail Cibodas. via: N-Journal.com

Canopy trail di Cibodas ini merupakan jembatan gantung sepanjang 130 meter dengan tinggi 45 meter, tiang penyangganya adalah pohon-pohon besar di masing-masing ujung jembatan. Perjalanan kalian di canopy trail ini nantinya akan berujung di Curug Ciwalen yang konon katanya berkhasiat awet muda. Untuk objek wisata ini kalian akan ditemani petugas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

4 Objek Wisata di Cibodas Yang Bisa Kamu Kunjungi
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar