10 Tempat Wisata Andalan Jambi Oke Banget

Soal tempat wisata, Jambi memiliki banyak yang bisa dituju. Selain keindahan alam, warisan budaya setempat juga menarik untuk dijelajahi. Berikut tempat wisata andalan di Jambi.

Cultural Heritages

1. Komplek Candi Muara Jambi


Komplek ini adalah salah satu kawasan percandian dengan areal terluas di ASEAN. Semua candi yang ada di sini dibangun menggunakan batu bata merah dengan arsitekturnya yang khas. Komplek candi ini dikelilingi kanal kuno dan kolam air yang pada masanya digunakan sebagai penangkal banjir saat aliran sungai Batanghari meluap. Untuk berkeliling, pengunjung dapat menyewa sepeda yang disediakan pengelola.

2. Menara Gentala Arasy


Menara dan jembatan gentala arasy adalah ikon baru destinasi di Jambi. Menara ini mempunyai ketinggian 80 meter dengan lift yang dapat digunakan pengunjung untuk mencapai atas menara. Terintegrasi dengan menara, adalah jembatan khusus pejalan kaki dengan bentuk menyerupai huruf "S" yang menghubungkan kawasan taman tanggo rajo dengan dasar menara yang terdapat museum sejarah islam.

3. Museum Perjuangan Rakyat Jambi


Museum ini berdekatan dengan Masjid Agung Al-Falah (Masjid Seribu Tiang) yang merupakan salah satu landmark di Jambi. Sesuai namanya, di dalam museum terdapat ratusan benda bersejarah yang pernah digunakan pada masa kemerdekaan, selain itu ada juga replika pesawat logistik perang (Catalina RI 005). Tiket masuk museum ini sangat terjangkau yaitu Rp. 2.000/dewasa dan Rp. 1.500/anak.

4. Museum Siginjei


Museum Siginjei menyimpan ribuan koleksi benda warisan budaya Jambi, dengan koleksi utama museum antara lain 2 arca Avalokiteswara, medali emas segi tujuh yang merupakan hadiah dari Kerajaan Turki Utsmani kepada Sultan Thaha Syaifuddin, kalung dan sabuk emas, serta 100 keramik kuno China yang ditemukan di perairan antara Jambi dan Riau.

Eco Adventurous Attractions

5. Geopark Merangin


Bagi pencinta wisata alam, Geopark Merangin bisa jadi pilihan destinasi yang menyenangkan. Di sini pengunjung dapat merasakan sensasi mengarungi jeram Sungai Batang Merangin dan singgah di tempat tertentu untuk mengamati fosil di pinggir sungai. Geopark ini berada di Desa Air Batu, Kabupaten Merangin, sekitar 4-6 jam perjalanan dari Kota Jambi.

6. Gunung Kerinci


Pencinta Alam juga wajib mengunjungi Gunung Kerinci, untuk menggapai puncak tertinggi di Pulau Sumatera dan Gunung Api aktif tertinggi di Indonesia ini. Mendaki Gunung Kerinci dimulai dari Desa Kersik Tuo, dibutuhkan waktu 6-8 jam untuk sampai di puncaknya. Dalam perjalanan menuju kawasan ini anda akan melewati Perkebunan Teh Kayu Aro yang menjadi kebun teh terluas dan kedua tertinggi di dunia.

7. Danau Kaco


Danau ini berada di dalam hutan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Uniknya, Danau Kaco memiliki air berwarna biru, sangat kontras dengan hijaunya pepohonan di sekitarnya. Menuju ke Danau ini dapat dicapai dari Kota Sungai Penuh, lalu ke Desa terdekat yaitu Desa Lempur dan setelahnya berjalan kaki dengan waktu tempuh 3-4 jam.

Recreations

8. Kampung Raja


Kampung Raja adalah taman tematik, tempat rekreasi keluarga di Jambi. Berbagai macam permainan mulai dari sepeda air, bumper boat, hingga kolam renang ada di sini. Bila tertarik, datang saja ke Jl. Lingkar Barat No. 108, Kenali Besar, Kota Jambi.

9. Waterpark


Jambi mempunyai beberapa waterpark yang bisa dikunjungi, antara lain Abadi Waterpark dan Citra Raya Waterpark di Kota Jambi. Semagi Waterboom di Kabupaten Bungo, serta Gelam Oasis di Kabupaten Muaro Jambi.

Makanan dan Jajanan Jambi

10. Kuliner Jambi


Untuk melengkapi liburan di Jambi, Anda bisa mencoba makanan dan kue Jambi seperti Pempek, Tempoyak, Tekwan, Kue Padamaran, Kue Gandus dan Kue Srikayo di pusat jajanan yang tersebar luas di pelosok Jambi.


10 Tempat Wisata Andalan Jambi Oke Banget
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar