14 Tempat Wisata di Bangka dan Belitung

Kepulauan Bangka Belitung adalah provinsi ke-31 Republik Indonesia yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Terdapat 2 pulau besar yaitu Bangka dan Belitung serta 950 pulau-pulau kecil. Dari 950 pulau tersebut, baru sekitar 470 buah pulau yang bernama dan hanya 50 pulau yang dihuni. Sementara itu, Pulau Bangka dan Pulau Belitung dipisahkan oleh Selat gaspar.

Tempat wisata di Bangka Belitung mulai menjadi tujuan wisatawan setelah menyaksikan film Laskar Pelangi yang menampilkan pantai-pantai di Bangka Belitung yang indah. Pantai di Bangka belitung sendiri berkarakter khusus, yaitu berpasir putih dengan granit-granit raksasa. Airnya pun jernih sangat bisa digunakan untuk bermain di tepi pantainya. Berikut adalah tempat wisata di Bangka Belitung.

1. Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas merupakan tujuan utama untuk tour pulau (island hops). Di Pulau ini terdapat sebuah Mercusuar peninggalan penjajahan Belanda yang masih aktif dan berfungsi untuk navigasi laut. Dari atas mercusuar, wisatawan dapat melihat pemandangan pantai berpasir putih dengan Batu-batu granit raksasa, serta air laut yang jernih berwarna kehijauan.

Pulau Lengkuas terletak di perairan Belitung, dapat dicapai sekitar 30 menit perjalanan dengan perahu mesin dari Tanjung kelayang atau Tanjung Binga di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Perjalanan menuju Pulau lengkuas juga menyenangkan karena melalui berbagai spot yang menarik seperti melalui Pulau burung, Batu belayar serta pulau Pasir yang muncul pada waktu-waktu tertentu saja.

2. Pantai Tanjung Pendam


Pantai Tanjung Pendam berada di pusat kota Tanjungpandan, tidak jauh dari Museum Pemda Belitung. Dari pantai ini bisa terlihat Pulau Kalamoa serta kapal-kapal hilir mudik di muara Sungai Cerucuk. Tempat wisata ini dikunjungi sore hari oleh penduduk lokal untuk bersantai. Selain itu acara tradisi Buang jong oleh suku Sawang juga diadakan di tepi pantai ini. Pada malam hari, Pantai Tanjung Pendam didominasi oleh pengunjung yang ingin menikmati makan malam.

3. Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi oleh penduduk lokal juga disebut dengan Pantai Bilik. Pantai ini merupakan salah satu lokasi yang muncul dalam Film Laskar Pelangi. Letaknya sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Tinggi berpasir putih halus, dihiasi tebaran ratusan granit raksasa, dengan air laut berwarna biru kehijauan serta berombak tenang karena pantai ini merupakan sebuah teluk kecil yang diapit oleh dua semenanjung.

4. Pantai Tanjung Kelayang


Tanjung Kelayang adalah Pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Kelayang memiliki air laut yang berair biru kehijauan, bergelombang tenang dengan pasir pantai yang putih dan halus. Di seberang pantai ini terdapat pulau yang terdiri dari tumpukan batu granit raksasa yang membentuk formasi kepala burung. Oleh karena itu, disebut sebagai Batu Garuda.

5. Pantai Pasir Padi


Pantai Pasir Padi adalah objek wisata pantai terdekat yang ada di Kota Pangkalpinang, tepatnga di Kelurahan Air Itam, jarak pantai ini dari Bandara Depati Amir adalah sekitar 7 kilometer. Dinamakan pasir padi, karena pantai ini dari kejauhan terlihat berwarna seperti padi yang dihamparkan. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk menyelenggarakan event-event seni budaya seperti Imlek dan Peh Cun.

6. Gurok Beraye


Gurok Beraye merupakan sebuah air terjun yang berada di Kecamatan Badau, Dusun Air Pegantungan Desa Kacang Botor sekitar kurang lebih 32 km dari Tanjungpandan atau 300 meter dari puncak gunung tajam. Gunung Tajam sendiri merupakan bukit tertinggi yang ada di Pulau Belitung Ketinggiannya kurang lebih 510 M dari permukaan laut. Jika naik ke puncaknya kita dapat menyaksikan keindahan panorama Pulau Belitung.

7. Batu Mentas


Batu Mentas merupakan kawasan hutan lindung yang terletak di kaki Gunung Tajam, tepatnya di Dusun Kelekak Datuk Kecamatan Badau, sekitar 30 Kilometer dari Kota Tanjung Pandan, atau sekitar 20 menit perjalanan kendaraan bermotor. Di tempat ini Anda akan melihat penangkaran salah satu hewan terlangka di Dunia, yakni Tarsius Bancanus Saltator atau Pelilean dalam bahasa Belitung. Selain itu, di tempat ini Anda juga akan menemukan penangkaran Rusa Belitung yang hampir punah.

8. Pantai Nyiur Melambai


Pulau Belitung itu identik dengan pantai yang dihiasi oleh batu-batu granit berukuran raksasa, dan menjulang tinggi. Namun ada juga rupanya pantai di Pulau Belitung yang tidak mempunyai batu-batu granit sama sekali. Salah satunya adalah pantai nyiur melambai yang terletak di Desa Lalang Kecamatan Manggar, Belitung Timur.

9. Pantai Serdang


Pantai Serdang atau disingkat Panser oleh penduduk setempat, terletak di tengah kota Manggar dan dekat dengan pasar modern Lipat Kajang. Pantai serdang memiliki pemandangan yang indah ditambah dengan adanya pohon pinus di sepanjang pantai yang membuat pantai ini teduh. Karakter pantai ini sangat cocok untuk berenang. Banyak Nelayan Belitung Timur yang menambatkan perahu di pantai ini.

10. Pantai Burung Mandi


Pantai Burung Mandi terletak di Kecamatan Damar, Belitung Timur, sekitar 20 kilometer dari Kota Mangga. Pesisir Pantai Burung Mandi cukup panjang, sekitar 1,5 kilometer. Di area timur pantai banyak perahu nelayan berjajar. Pantai Burung Mandi agak berbeda dengan kebanyakan pantai di Bangka Belitung yaitu tidak memiliki batu-batu granit raksasa yang menjadi ciri khas pantai-pantai Bangka Belitung.

11. Kuil Dewi Kwan Im


Kuil Dewi Kwan Im adalah tempat ibadah umat Buddha di Belitung yang sudah berdiri selama kurang lebih 300 tahun. Letaknya di daerah perbukitan di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar. Ini adalah Vihara tertua yang ada di Pulau Belitung. Setiap harinya, vihara ini ramai didatangi pengunjung baik yang ingin beribadah maupun berwisata.

12. Pantai Punai


Pantai Punai berada di bagian selatan Pulau Belitung, di Kecamatan Dendang, Belitung Timur. Perlu waktu hampir dua jam dari Manggar untuk sampai ke Pantai Punai. Pantai Punai memiliki laut biru yang tenang serta sebaran batuan granit besar dan kecil seperti ciri khas pantai di Belitung lainnya.

13. Pantai Matras


Pantai Matras berpasir putih halus, letaknya ada di desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat, di sebelah Timur Laut Pulau Bangka. Pantai Matras memiliki hamparan pasir putih bersih sepanjang 3km. Di sekitar Pantai Matras juga telah dibangun beberapa penginapan seperti bungalow sederhana, hotel, layanan tour dan travel serta tempat-tempat hiburan.

14. Pantai Tanjung Pesona


Pantai Tanjung Pesona merupakan salah satu pantai di garis pantai bagian timur Pulau Bangka, yang terkenal dengan pantai- pantainya yang indah. Lokasi tepatnya berada di Desa Rambak, sekitar 9 Kilometer dari Kota Sungailiat atau sekitar 15 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Pantai Tanjung Pesona sebenarnya terletak dalam kawasan resort. Pantai ini adalah pantai yang landai dan memiliki pasir putih halus serta hamparan batu granit yang tersebar di pinggir pantai dan tebing-tebing berbatu.

14 Tempat Wisata di Bangka dan Belitung
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar