Wisata Pantai: 10 Pantai di Kebumen dan Lokasinya

Selain 14 tempat wisata di Kebumen yang sudah ada sebelumnya, ternyata masih banyak lagi tempat menarik yang bisa jadi pilihan para traveler di Kebumen. Salah satunya adalah pantai-pantai yang berada di bagian selatan, dimana pantai-pantai tersebut berjajar dari barat hingga bagian timur Kebumen. Berikut ini adalah 10 pantai yang ada di Kebumen.

1. Pantai Menganti Kebumen


Pantai Menganti Kebumen memiliki kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan pantai petanahan atau pantai suwuk, karena pantai menganti ini punya pasir pantai berwarna putih dengan batu karang bertebaran. Kita pun bisa menikmati pantai ini dari atas tebing, salah satu pemandangan yang tidak dimiliki pantai di kebumen lainnya.

Nama Pantai Menganti ini punya cerita tersendiri, konon katanya dulu kala ada seorang panglima dari Kerajaan Majapahit yang sepakat untuk bertemu kekasihnya di Pantai ini, namun sang kekasih tak kunjung datang dan panglima itu pun terus menanti-nanti. Dari situlah nama Menganti muncul.

Lokasi pantai menganti: Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Kurang lebih 40 km dari Gombong.

2. Pantai Suwuk dan Karang Bolong Kebumen


Pantai Suwuk berpasir hitam dengan ombak besar ciri khas pantai selatan. Pantai ini merupakan yang populer di Kebumen dan selalu ramai, terutama saat liburan panjang idul fitri. Pantai Suwuk termasuk yang sudah dikelola dengan baik, traveler tidak perlu khawatir fasilitasnya. Di ujung barat pantai suwuk ada pantai karang bolong. Traveler bisa naik perahu atau lewat jalan darat.

Lokasi pantai suwuk: Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Dari arah Gombong kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar 45 menit.

3. Pantai Petanahan Kebumen


Pantai Petanahan tak jauh berbeda dengan Pantai Suwuk, berpasir hitam dan ombak yang besar ciri khas pantai selatan. Pantai ini juga cukup terkenal dan merupakan objek wisata tahunan, karena selalu ramai saat liburan idul fitri saja. Selain bisa  bisa menikmati deburan ombak dan menyaksikan hamparan laut di pantai petanahan, traveler juga bisa menikmati makanan di warung-warung atau naik kuda tunggang untuk menyusuri pinggiran pantai.

Lokasi pantai petanahan: Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.

4. Pantai Ayah atau Logending Kebumen


Pantai Ayah atau yang dikenal dengan nama Pantai Logending juga mempunyai kelebihan tersendiri yaitu berpadunya kawasan hutan jati milik Perum Perhutani KPH kedu selatan dengan pantai. Selain itu di sini traveler juga bisa menikmati muara sungai Bodo yang merupakan pemisah antara wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap. Terakhir kali saya ke pantai Ayah, warna air lautnya sedikit kecokelatan beda dengan pantai-pantai kebumen lainnya.

Lokasi pantai ayah: Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Kurang lebih 50 km dari alun-alun Kebumen, sedangkan dari Gua Jatijajar sekitar 8 km.

5. Pantai Bocor Kebumen


Pantai Bocor sebenarnya adalah pantai biasa, namun lokasinya yang pernah dijadikan sebagai latihan tentara membuat akses ke pantai ini semakin mudah. Sebagaimana pantai di Kebumen lainnya, pantai bocor juga merupakan objek wisata tahunan yang ramai pada saat liburan seperti idul fitri saja. Kini Pantai Bocor semakin berbenah diri untuk menyambut pengunjung yang datang seperti menyediakan wahana bermain anak dan warung-warung makan sebagaimana pantai wisata lainnya di Kebumen.

Lokasi pantai bocor: Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

6. Pantai Tegalretno Kebumen


Pantai Tegalretno belum terlalu dikenal oleh warga Kebumen kebanyakan, tapi patut diperhitungkan untuk dikunjungi. Pantai ini bisa dibilang masih cukup alami, kita masih dapat melihat padang rumput serta rawa, selain itu pantai ini juga menjadi tempat parkir perahu nelayan. Kondisi pantai kurang lebih sama dengan pantai lain di Kebumen, tapi pasirnya masih lumayan bersih dan minim sampah.

Lokasi pantai tegalretno: Desa Tegalretno, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.

7. Pantai Lampon Kebumen


Pantai Lampon merupakan pantai yang masih alami di Kebumen, letaknya berada di balik bukit dan cukup cukup tersembunyi sehingga hanya warga dan nelayan terdekat saja yang akrab dengan pantai lampon. Karena belum banyak diketahui maka pantai lampon ini masih cukup bersih. Untuk menuju pantai lampon, traveler harus menaiki tanjakan curam, namun kabarnya sudah dibuatkan jalur untuk memudahkan akses ke sana.

Lokasi pantai lampon: Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Bersebelahan dengan Pantai Pasir.

8. Pantai Watu Bale Kebumen


Pantai Watu Bale bisa dikatakan objek wisata pantai terbaru yang dimiliki Kebumen karena baru dibuka untuk umum beberapa bulan ke belakang. Secara umum belum banyak yang mengetahui pantai ini, namun ada kemungkinan pantai watu bale akan ramai nantinya. Di pantai ini ada beberapa tempat bermain yang sudah di buat diantaranya adalah perahu titanic, tangga untuk selfie, rumah kayu, dll.

Lokasi pantai watu bale: Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Tidak jauh dari Pantai Lampon.

9. Pantai Lembupurwo Kebumen


Pantai Lembupurwo atau dikenal juga dengan Pantai Rowo kurang lebihnya sama dengan pantai lain yang ada di Kebumen. Namun ada keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lainnya yaitu adanya laguna yang banyak ditumbuhi pohon cemara udang dan pohon bakau. Selain itu ada juga fenomena unik gumuk pasir yang dapat dimanfaatkan untuk bermain sandboarding. Jika ini bisa dikelola dengan baik, ada kemungkinan bisa menyaingi gumuk pasir yang ada Jogja.

Lokasi pantai lembupurwo: Desa Lembupurwo, Kecamatan Mirit, Kabupaten Kebumen.

10. Pantai Pedalen Kebumen


Pantai Pedalen merupakan pantai nelayan, hal ini bisa traveler lihat dari banyaknya perahu yang berjejer rapih di tepi pantai. Namun tentu tidak ada salahnya jika traveler ingin menikmati Pantai Pedalen karena siapapun boleh berkunjung. Pantai Pedalen mempunyai pasir pantai berwarna hitam yang bercampur batu kerikil, tapi uniknya air laut di Pantai Pedalen cenderung berwarna hijau toska dan ombak relatif tenang, beda dengan pantai lainnya di Kebumen.

Lokasi pantai pedalen: Desa Agropeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berada tidak jauh dari Pantai Logending.


Wisata Pantai: 10 Pantai di Kebumen dan Lokasinya
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar