10 Tempat Wisata Anak di Jakarta Untuk Liburan Sekolah

Liburan merupakan hal yang paling dinantikan oleh seluruh anggota keluarga tak terkecuali anak-anak. Selain bisa membuat hubungan orangtua dan anak lebih dekat, dengan liburan kita dapat memberikan hadiah yang sangat beharga untuk anak-anak yaitu waktu. Oleh karena itu jangan abaikan liburan sekolah anak kali ini, ajaklah anak-anak ke tempat wisata anak di Jakarta berikut ini.

Baca Juga: 21 Tempat Wisata di Jakarta Yang Dapat Dikunjungi

1. Memainkan Profesi Orang Dewasa di Kidzania


Kidzania merupakan tempat liburan di Jakarta yang dikhususkan untuk anak-anak. Di sini anak usia 2-16 tahun bisa memainkan profesi layaknya orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan ratusan profesi lainnya. Dengan bermain peran tersebut, anak tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan tetapi juga merangsang keterampilan kognitif dan fisik mereka.

2. Bermain Pasir di Pantai Ancol


Lautan dengan pasir pantainya merupakan salah satu tempat yang disukai anak-anak. Selain bisa menambah wawasan anak mengenai alam. Hamparan pasir pantai bisa jadi sarana bermain yang mengasyikan. Namun hendaknya orang tua harus selalu waspada terhadap anak mereka, karena bahaya selalu mengintai. Di Jakarta sendiri ada pantai yang sangat terkenal untuk liburan bersama keluarga yaitu Pantai Ancol.

3. Melihat Aneka Satwa di Kebun Binatang Ragunan


Mengunjungi kebun binatang juga bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bersama anak. Banyak hal yang bisa di dapat anak dengan mengunjungi kebun binatang, salah satunya anak dapat melihat dan mengenal langaung berbagai macam jenis satwa termasuk satwa yang dilindungi. Di Jakarta ada satu-satunya kebun binatang yang dapat dikunjungi yaitu Kebun Binatang Ragunan.

4. Berenang di Waterpark


Selain menyehatkan tubuh, berenang juga menjadi aktivitas liburan yang menyenangkan untuk anak. Apalagi tempat renangnya mempunyai banyak wahana yang seru seperti seluncuran atau ember tumpah. Nah, untungnya di sekitar Jakarta ada banyak tempat berenang seperti itu diantaranya yaitu Snowbay, Atlantis Water Adventure, Eldorado Waterpark, dan banyak lagi lainnya.

5. Mengenalkan Anak Ragam Budaya Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Pembangunan Taman Mini didasari atas keinginan untuk membangkitkan kebanggaan dan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air, serta untuk memperkenalkan Indonesia kepada bangsa-bangsa lain di dunia. Oleh karenanya tepat sekali jika membawa anak-anak ke sini untuk membangkitkan kebanggan mereka terhadap tanah air serta mengenalkan ragam budaya yang ada di Indonesia.

6. Belajar Tata Surya di Planetarium Taman Ismail Marzuki


Planetarium bisa jadi tempat wisata anak yang murah sekaligus mendidik, karena di sini anak-anak bisa belajar tentang benda-benda langit dengan asyik dan menyenangkan. Di ruang pameran, anak-anak dapat melihat berbagai gambar tentang luar angkasa beserta penjelasannya. Selain itu ada juga pertunjukan teater bintang yang disajikan dalam waktu kurang lebih 60 menit. Asyiknya lagi, anak-anak bisa melihat langsung berbagai benda langit melalui teropong yang tersedia.

7. Mengajak Anak Ke Museum


Saat ini sepertinya mengunjungi museum semakin memudar, apalagi untuk anak-anak. Padahal dengan berkunjung ke Museum kita bisa mendapat informasi pengetahuan, serta melihat benda-benda peninggalan yang berasal dari berbagai zaman secara langsung. Di Jakarta terdapat cukup banyak museum yang dapat dikunjungi diantaranya adalah Museum Nasional, Museum Fatahillah, Museum Bahari dan banyak lagi lainnya.

8. Merasakan Sensasi Jadi Pilot di Flight Experience Jakarta


Punya anak yang bercita-cita jadi pilot? Ajaklah anak Anda ke Flight Experience Jakarta yang berlokasi di Gandaria City Mall. Di sini anak-anak bisa merasakan sensasi menerbangkan Pesawat Boeing 737.

Dengan bantuan dari instruktur, anak-anak akan diarahkan untuk menerbangkan pesawat dan sesudahnya anak-anak akan menerima souvenir foto di kokpit, sertifikat, stiker dan buku mewarnai.

Tempat ini tergolong cukup mahal, karena untuk bisa merasakan sensasi menerbangkan pesawat ini, tiap anak harus merogoh kocek Rp. 1.490.000 untuk 30 menit penerbangan, selain itu ada pilihan lainnya seharga Rp. 2.190.000 untuk 60 menit penerbangan.

9. Berkuda dan Memanah di Branchsto Ranch & Resort


Branchsto Ranch & Resort adalah sebuah tempat berkuda dan memanah yang berpadu dengan restaurant. Lokasi tempat ini berada di Jl. Haji Rasam, Perigi Baru, Pondok Aren,Tangerang Selatan. Aktivitas berkuda dan memanah di Branchsto ini bisa dinikmati oleh semua kalangan baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Sehingga bisa menjadi tempat liburan yang seru untuk keluarga.

10. Phinisi Edutainment Park


Pinisi Edutainment Park adalah taman bermain indoor di Pasaraya Blok M yang diperuntukan bagi anak-anak usia 2-16 tahun. Tempat bermain ini didesain menyerupai kota pelabuhan dengan landmark sebuah kapal kayu tradisional Pinisi. Selain mempunyai playground, tempat ini juga mempunyai science center, planetarium serta kelas seni dan budaya yang dikhususkan untuk anak.

10 Tempat Wisata Anak di Jakarta Untuk Liburan Sekolah
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar