20 Tempat Wisata di Manado dan Sulawesi Utara Yang Menarik

Sebagai ibukota Sulawesi Utara, Manado banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri karena pesona alam yang indah dan tempat wisata yang menarik. Selain Taman Nasional Bunaken, Manado juga mempunyai cukup banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi, beberapa diantaranya yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan Danau Tondano.

Tempat Wisata di Manado

1. Taman Laut Bunaken


Tempat wisata di Manado ini berjarak sekitar 7 mil dari pelabuhan laut Manado. Ribuan terumbu karang hidup di atas kontur dasar lautnya di kedalaman yang beragam. Biota laut yang hidup secara bebas dan beraneka warna menghiasi pemandangan bawah lautnya yang mempesona. Menyelam adalah cara terbaik untuk melihat secara utuh dan jelas keindahan bawah laut bunaken.

2. Pulau Manado Tua


Pulau ini merupakan pulau terbesar dari kelompok pulau-pulau yang berada dalam batasan teluk Manado dan di pulau ini terdapat gunung api cukup tinggi. Tidak berbeda jauh dengan taman laut bunaken, pulau manado tua juga memiliki panorama laut yang spektakuler. Selain keindahan panorama alamnya, pulau ini juga mempunyai sejarah yang berkaitan dengan suku bawontehu yang pernah ada tahun 1512 sejak kedatangan portugis.

3. Pulau Siladen


Pulau Siladen adalah salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken. Pulau yang luasnya sekitar 30 hektar ini begitu indah dikelilingi hamparan pantai berpasir putih. Pulau Siladen hanya berjarak 3 km saja dari Pulau Bunaken atau sekitar 8 mil dari Manado. Sama seperti Bunaken, salah satu tempat wisata di Manado ini juga mempunyai spot penyelaman yang menarik di lokasi bernama siladen 1 dan siladen 2. Pulau ini memiliki resort dan homestay dengan fasilitas cukup baik bagi wisatawan.

4. Danau Tondano


Danau Tondano adalah salah satu tempat wisata terkenal di Sulawesi Utara. Danau Tondano berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan laut, lokasinya ada di Desa Remboken, sekitar 3 km dari Kota Tomohon atau sekitar 30 km dari Manado. Di Danau Tondano ada objek wisata sumaru endo dan resort wisata bukit pinus. Dari sisi danau di Toliang Oki dan Tondano Pante pengunjung dapat melihat laut maluku yang indah di luar bukit lembean.

5. Kawasan Boulevard


Kawasan Boulevard adalah ikon Kota Manado dimana Anda bisa menikmati makanan Manado terbaik. Tempat ini sebelumnya hanya pusat di mana pedagang kaki lima dan kafe jalanan yang melayani berbagai jenis masakan Manado. Tapi kini daerah ini telah dimodernisasi dengan pembangunan mall dan pusat perbelanjaan yang melapisi jalanan Boulevard. Selain makan, Anda juga bisa menikmati suasana pantai serta melihat pulau Manado Tua dan pulau Bunaken dari tempat ini.

6. Pantai Malalayang


Pantai Malalayang terletak di Kecamatan Malalayang, sebelah selatan pusat Kota Manado. Untuk menuju ke sini hanya membutuhkan waktu 20 menit dengan jarak 4 km. Jejeran kedai dan warung menjadi hal yang paling dominan di sini. Hampir sejauh 2 km kedai-kedai yang terbuat dari kayu dan bambu mengisi tepian dengan bentuknya yang sederhana. Pemandangan berupa Pulau Manado Tua yang menjulang tinggi layaknya gunung dapat disaksikan dari pantai ini.

7. Jembatan Soekarno


Jembatan Soekarno merupakan gabungan dari dua jembatan, yaitu jembatan kabel yang melintasi Pelabuhan Manado dan jembatan beton di atas muara Sungai Tondano. Panjang jembatan mencapai 1.127 m dan dibangun dengan biaya Rp 300 miliar. Lagi-lagi Pulau Manado Tua bisa menjadi latar berfoto di jembatan ini. Pergilah ke satu tempat di Jembatan dan Anda akan melihat kesibukan pelabuhan Manado.

8. Monumen Yesus Memberkati


Monumen Yesus Memberkati terletak di dalam perumahan Citraland, sekitar 15 menit dari pusat kota Manado. Sejak dibangun pada tahun 2007 monumen ini twlah menjadi salah satu ikon dari Kota Manado. Monumen ini memiliki ketinggian 30 meter dan penopang patung setinggi 20 meter. Sehingga ketinggian patung ini menjadi 50 meter dengan kemiringan mencapai 20 derajat.

9. Museum Negeri Sulut


Museum ini dibangun untuk menyimpan semua dokumen yang terkait dengan budaya lokal, sejarah dan seni di Provinsi Sulawesi Utara. Koleksinya terdiri dari 10 kategori yaitu geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, pengetahuan tentang pengumpulan mata uang, filologi, ceramologi, seni dan teknologi. Lokasi museum ini berada di pusat Kota Manado tepatnya di Jalan WR Supratman Nomor 72, Kota Manado, Sulawesi Utara.

10. Air Terjun Kima Atas


Air Terjun Kima Atas berada di Kelurahan Kima Atas, Kecamatan Malanget, Kota Manado. Sekitar 10 kilometer dari bandara Sam Ratulangi, dan 15 kilometer dari pusat kota Manado. Air Terjun ini bersusun tiga. Panorama di sekitar air terjun ini dikelilingi pepohonan yang menghijau sehingga suasana lingkungan sejuk dan tenang.  Airnya mengalir ke sungai Kima yang bersih dan bermuara di pantai Manado.

Tempat Wisata di Sulawesi Utara

11. Arung Jeram Sungai Sawangan


Arung jeram ini berada di Minahasa Utara, Desa Sawangan Kecamatan Airmadidi. Dari Kota Manado, hanya butuh waktu sekitar 60 menit berkendara. 12 titik jeram yang berkelanjutan serta tingkat kesulitan berbeda-beda dipastikan membuat jantung para pengarung berdebar-debar. Sungai ini menjadi destinasi wisata favorit di Sulawesi Utara sebagai salah satu sungai yang memiliki lintasan jeram terbaik.

12. Arung Jeram Timbukar


Selain itu ada juga arung jeram timbukar di Minahasa tepatnya di Desa Timbukar, Kecamatan Sonder, sekitar 1,5 jam dari Kota Manado. Perjalanan dari awal hingga garis finish di Desa Tangkuney, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Tengah sepanjang 12 km melalui Sungai Nimanga. Sebelum tiba ke tempat arung jeram, wisatawan akan disuguhi pemandangan air terjun Timbukar setinggi 90 meter.

13. Taman Laut Tumbak


Tempat wisata di Manado tidak hanya taman laut Bunaken, tetapi ada juga Taman Laut Tumbak. Dari kota Manado menuju Pulau Tumbak menempuh jarak sekitar 90 km, atau menghabiskan waktu tempuh perjalanan sekitar 3 jam perjalanan, melewati jalan poros Manado – Tomohon. Pulau Tumbak menyuguhkan berbagai aktivitas wisata bahari, mulai dari memancing, snorkeling, hingga diving.

14. Pulau Lihaga


Pulau Lihaga terletak di Kecamatan Likupang Barat Minahasa Utara. Untuk menuju ke Pulau Lihaga bisa ditempuh dari manado menuju Likupang sekitar 60 menit. Lalu menyewa perahu dari pelabuhan Likupang. Pulau Lihaga punya keistimewaan tersendiri dibanding dengan pulau-pulau lainnya di Sulawesi Utara. Pasir putihnya yang sehalus tepung membuat pulau ini sangat menggoda untuk didatangi.

15. Taman Wisata Tandurusa


Taman Margasatwa Tandurusa terletak di Kelurahan Tandurusa, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Taman Wisata Tandurusa memang tidak terlalu luas namun koleksinya mencakup hewan-hewan langka khas Sulawesi seperti kera hitam, babirusa, tarsius, rangkong sulawesi, kuskus beruang, kakaktua hitam, elang laut, dan beberapa jenis ular termasuk phyton.

16. Bukit Kasih


Bukit Kasih adalah sebuah bukit di kaki Gunung Soputan, Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, berjarak sekitar 2 jam dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Bukit Kasih yang dibangun pada tahun 2002 ini, sesuai namanya, dimaksudkan sebagai simbol bagi kerukunan dan kedamaian kehidupan umat beragama. Untuk mencapai puncak Bukit Kasih, Anda harus menaiki tangga yang curam sebanyak 2435 anak tangga. Ketika mendaki, Anda bisa melihat pemandangan kawah belerang yang mengeluarkan asap.

17. Pantai Pulisan


Pantai Pulisan di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara menawarkan Pasir pantai yang indah, bebatuan yang eksotis serta bukit savanna yang memukau sangat memanjakan mata. Untuk menuju ke pantai pulisan Anda harus menempuh 38 kilometer dari Kecamatan Airmadidi, atau sekitar 50 kilometer dari Manado.

18. Pantai Lakban Ratatotok


Ratatotok merupakan kecamatan di Kabupaten Minahasa Tenggara yang memiliki wisata bahari yang indah. Daerah ini dahulu terkenal dengan penambangan emas milik perusahaan Amerika Serikat, Newmount. Di sini ada pantai lakban dengan hamparan pasir coklat dan pohon kelapa yang berbaris di tepi pantai. Untuk sampai ke Pantai Lakban dibutuhkan waktu 3-4 jam dari Kota Manado.

19. Pantai Pal


Pantai Pal adalah salah satu pantai indah yang berada di Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara. Untuk menuju ke Pantai ini dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Manado tergantung kecepatan mobil. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pulau lihaga hanya saja pasir pantai pulau lihaga lebih putih.

20. Air Terjun Tunan


Air Terjun Tunan berada di Desa Talawaan, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara sekitar 1 jam dari kota Manado. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter serta memiliki arus tumpahan yang cukup deras. Suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri, sepanjang mata memandang dapat terlihat pepohonan hijau yang begitu  segar di pandang.

20 Tempat Wisata di Manado dan Sulawesi Utara Yang Menarik
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar