Wisata Sukabumi, Menikmati Air Terjun dan Pantai-Pantai Nan Indah

Dari Bogor kita melanjutkan ke Sukabumi yang juga punya wisata alam mempesona dan tak kalah menggoda. Untuk menuju ke sana cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan kereta api, tapi traveler juga bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena akses jalan pun sudah terhubung dengan baik. Sukabumi sendiri terdiri dari dua yaitu Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.


Kota Sukabumi secara Geografis terletak di bagian selatan Jawa Barat pada koordinat 106 ˚45’50” Bujur Timur dan 106˚45’10” Bujur Timur, 6˚50’44” Lintang Selatan, di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang ketingiannya 584 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 120 km dari Ibukota Negara (Jakarta) atau 96 km dari Ibukota Provinsi Jawa Barat (Bandung).

Sedangkan Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas di Jawa Barat, yang 40% wilayahnya berbatasan dengan lautan dan 60% merupakan daratan. Ibukota Kabupaten Sukabumi adalah Pelabuhanratu, sebuah wilayah yang terkenal dengan wisata pantainya. Selain pantai, Sukabumi juga mempunyai wisata pegunungan dan air terjun yang indah. Dengan berkunjung ke Sukabumi Anda bisa menikmati beberapa pilihan tempat wisata yakni sebagai berikut.

Menikmati Ragam Pantai di Sukabumi


Ada beberapa pilihan pantai yang bisa traveler nikmati di Sukabumi, ada pantai berpasir hitam dan juga berpasir putih. Salah satu pantai yang terkenal di Sukabumi adalah Pantai Pelabuhan Ratu yang mungkin sudah akrab di telinga para traveler, pantai ini memiliki pasir coklat dengan ombak yang cukup tinggi khas Pantai Selatan. Pantai yamg terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidul ini sudah dikenal sejak jaman dulu. Bung Karno bahkan menjadi inisiator didirikannya Samudera Beach Hotel.

ujung genteng
Ujung Genteng, salah satu pantai di Sukabumi

Selain Pelabuhan Ratu ada pantai yang juga cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Ujung Genteng. Pantai ini berpasir putih, ombaknya lumayan tenang dan cocok untuk berenang. Selain itu di sepanjang pantai ujung genteng inj Anda juga akan menemukan pantai lain dengan ombak yang cukup besar sehingga tidak cocok untuk berenang, namun ada hal lain yang menarik bisa dinikmati disini yaitu adanya penangkaran penyu di ujung genteng.

Selain Pelabuhan Ratu dan Ujung Genteng, Sukabumi juga mempunyai banyak pantai lain yang bisa dijelajahi para traveler yakni Pantai Karang Hawu, Pantai Cimaja, Pantai Cipunaga dan masih banyak lagi lainnya.

Menikmati Segarnya Air Terjun di Sukabumi


cikaso sukabumi
Curug Cikaso, salah satu air terjun di Sukabumi
Tak hanya Pantai, Sukabumi juga mempunyai banyak pilihan objek wisata lain yaitu sebuah air terjun yang pastinya cukup menggoda para traveler. Salah satu air terjun yang ada di Sukabumi adalah Air Terjun Cikaso, biasanya air terjun ini menjadi tujuan para traveler setelah mengunjungi pantai ujung genteng. Selain itu air terjun di Sukabumi lainnya adalah Curug Bibijian, Curug Caweni dan jika kamu ingin yang dekat dari Bogor ada Curug Cibeureum yang berada di kawasan Cibodas.

Penginapan di sekitar Objek Wisata Sukabumi


Penginapan di Sukabumi sudah cukup banyak tersedia terutama di lokasi dekat tempat-tempat wisata. Di sekitar Pelabuhan Ratu sendiri selain Samudera Beach Hotel ada Hotel Augusta, Hotel Lagusa dan banyak lagi. Sementara itu di sekitar pantai ujung genteng juga ada penginapan termasuk yang berada di pinggir pantai.

Wisata Sukabumi, Menikmati Air Terjun dan Pantai-Pantai Nan Indah
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar