Tempat Wisata di Kota Palembang Ya Cuma 12 Ini Saja - Palembang Wisata

Palembang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang cukup banyak memiliki tempat wisata menarik untuk di tuju. Selain Sungai Musi dan megahnya Jembatan Ampera. Masih banyak tempat wisata keren dan wajib dikunjungi di Palembang. Nah, kalau Anda mau berwisata ke Palembang berikut ini ada pilihan tempat menarik yang hanya ada di Kota Palembang.

1. Mengunjungi Landmark Jembatan Ampera Palembang


Jembatan Ampera merupakan landmark dari Kota Palembang, yang diresmikan pada tahun 1965 oleh presiden Soekarno. Jembatan ini pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada masanya. Dan sekarang Jembatan Ampera tidak hanya sebagai penghubung antara daerah seberang ulu dan ilir tetapi juga menjadi destinasi yang menarik.

Arsitekturnya yang cantik serta Sungai Musi dibawahnya menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto. Dan pada malam harinya, Jembatan Ampera akan dihiasi puluhan gemerlap lampu warna-warni. Saat lapar Anda bisa mencicipi ragam kuliner di sekitar sungai musi yang menghadirkan beragam makanan khas Palembang seperti pempek, celimpungan, pindang patin, dan masih banyak lagi makanan lezat lainnya.

2. Benteng Kuto Besak


Benteng Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Gagasan mendirikan Benteng Kuto Besak diprakarsai oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758. Uniknya bangunan ini menggunakan semen perekat bata dari batu kapur ditambah putih telur dan hingga kini masih tetap berdiri. Selain gedung tua yang masih berdiri ini, wisatawan juga bisa menyaksikan indahnya Sungai Musi, karena Benteng Kuto Besak berada di tepiannya.

3. Pulau Kemaro Yang Kental Nuansa Tionghoa


Di tengah sungai musi yang lebar ada sebuah pulau di tengahnya yang bernama Pulau Kemaro atau Kemara, nama tersebut diambil karena walaupun berada di tengah sungai musi, pulau ini tidak pernah banjir. Mengunjungi Pulau Kemaro di Palembang serasa mengunjungi negeri China, karena nuansa tionghoa sangat kental disini.

Hal tersebut bisa dilihat dari adanya pagoda besar dan klenteng. Selain itu, Pulau ini juga punya pohon cinta dan makam Siti Fatimah, mantan putri Raja Palembang. Karena kentalnya nuansa tionghoa di sini, pulau kemaro sangat cocok untuk  destinasi wisata menjelang Imlek mendatang.

4. Berkeliling Sungai Musi Naik Perahu


Setelah mengunjungi Jembatan Ampera, Pulau Kemaro dan Benteng Kuto Besak, kunjungan wisata di Palembang semakin lengkap jika sudah menjelajah sungai musi. Nah cara untuk menikmati sungai musi ini adalah dengan naik perahu kayu tradisional atau yang disebut dengan ketek. Ketek ini bisa Anda temui di dermaga kecil di Jembatan Ampera. Untuk tarifnya tak perlu khawatir, karena harga perahu masih bisa ditawar.

5. Wisata Religi Masjid Cheng Ho Palembang


Di Jakabaring, Palembang terdapat bangunan masjid berwarna terang dengan arsitektur yang kental akan nuansa Tiongkok yaitu Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho atau Masjid Cheng Ho. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sepuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel, dan serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang.

Keberadaan Laksamana Cheng Ho tak dipisahkan dari Palembang. Sejak melakukan pelayaran mengelilingi dunia, Cheng Ho sempat tiga kali datang ke Palembang. Cheng Ho adalah seorang kasim Muslim yang menjadi orang kepercayaan Kaisar Yongle dari Tiongkok. Ia melakukan penjelajahan ke beberapa negara di Asia dan Afrika.

6. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II


Datang ke Kota Palembang tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarah mengenai kota pempek ini, dan untuk hal itu salah satu tempat yang bisa Anda tuju adalah Museum Sultan Mahmud Baddarudin II. Sultan Mahmud Badaruddin II adalah penguasa Palembang sejak 1803 sampai 1821 dan bangunan yang ditempati oleh museum ini dulunya merupakan istana kesultanan Palembang Darussalam.

Museum ini memiliki peninggalan sejarah mengenai Palembang. Memamerkan berbagai koleksi dari mulai arkeologi, etnografi, biologi, seni dan terutama informasi tentang pengumpulan mata uang sampai studi atau koleksi mata uang. Di museum ini, Anda bisa menemukan berbagai peninggalan sejarah dari mulai koleksi foto prasasti Kedukan Bukit, patung-patung Buddha kuno, Amarawati Ganesha, serta berbagai peninggalan sejarah lainnya.

7. Museum Balaputera Dewa


Selain Museum Sultan Mahmud Baddarudin II ada lagi Museum Balaputera Dewa yang berada di Jalan Srijaya 1 no.28, Palembang. Museum Balaputradewa memiliki sekitar 3580 buah koleksi yang terdiri dari barang-barang tradisional Palembang. Mulai dari zaman pra-sejarah, zaman kerajaan sriwijaya, zaman kesultanan Palembang sampai zaman kolonial Belanda. Museum Balaputradewa termasuk tempat wisata murah meriah di Palembang karena museum ini hanya menarik tiket masuk seharga Rp. 2.000-3000 per orang. Untuk jadwal kunjungan, buka mulai pukul 09.00 sampai 15.00.

8. Bukit Siguntang Tempat Makam Bangsawan Kerajaan Palembang


Bukit Siguntang merupakan tempat yang dianggap sakral sejak abad 14-17. Di tempat ini terdapat makam para tokoh keturunan Kerajaan Srwijaya. Sehingga tidak heran jika kawasan Bukit Siguntang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah, terutama mengenai sejarah Kerajaan Sriwijaya yang pernah menjadi pusat kegiatan agama Buddha di nusantara.

Bukit Siguntang ini berada di kota Palembang tepatnya di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang. Bukit yang dianggap sakral ini berada pada ketinggian 29-30 meter di atas permukaan laut. Salah satu alasan orang berkunjung ke Bukit Siguntang adalah untuk berziarah ke makam bangsawan kerajaan di Palembang.

9. Monpera


Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat merupakan monumen sekaligus museum kebanggan rakyat Palembang. Monumen ini memiliki tinggi 17 meter dan secara umum bentuk bangunannya seperti melati berkelopak lima. Di dalam Monpera ini adalah museum yang didalamnya ada tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan, selain itu ada juga beragam senjata dan barang-barang lainnya.

10. Amanzi Waterpark


Jika Anda mencari kolam renang atau wisata Anak di Kota Palembang, Amanzi waterpark bisa jadi tujuan Anda. Sejak beroperasi pada akhir tahun 2011, Amanzi Waterpark yang berada di kawasan perumahan CitraGrand City telah menjadi salah satu kolam terbaik dan diminati di Kota Palembang. Waterpark di Palembang ini memiliki 7 wahana dengan tema Hutan dan harga tiket masuknya saat ini adalah Rp. 100.000 tergantung season.

12. Opi Water Fun


Pilihan lain untuk tempat berenang di Palembang adalah Opi Waterfun yang berlokasi di Jalan G. A Bastari Komplek OPI Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan. Harga tiketnya pun cukup terjangkau yaitu Rp. 40.000 - Rp. 50.000.

12. Fantasy Island


Tempat wisata kolam renang di Kota Palembang yang lain adalah Fantasy Island yang terletak di Jl Sriwijaya, KM.13. Waterpark ini dapat ditempuh kurang lebih 20 sd 30 menit dari kota Palembang. Harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, yakni Rp 35.000 untuk hari biasa dan Rp 50.000 untuk akhir pekan.

Itulah 12 tempat wisata yang saya ketahui hanya ada di Palembang saja, jika ada tempat wisata lain yang ada di Palembang yang Anda ketahui bisa menambahkan pada kolom komentar.

Tempat Wisata di Kota Palembang Ya Cuma 12 Ini Saja - Palembang Wisata
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar