Inilah 11 Tempat Wisata Terkenal Di Sumatera Barat Indonesia

Sumatera Barat mempunyai banyak pilihan tempat wisata yang menyenangkan untuk dinikmati, tapi dari semua itu hanya beberapa saja yang terkenal dikunjungi. Untuk itu kami membuat informasi mengenai tempat wisata di Sumatera Barat yang paling terkenal versi kami, semoga bisa membantu para wisatawan yang mau liburan di Kabupaten manapun di Sumatera Barat.

1. Wisata Bahari Kepulauan Mentawai Sumatera Barat


Tempat wisata di Sumatera Barat pertama yang terkenal versi kami adalah Kepulauan Mentawai. Ini adalah salah satu detinasi utama bagi para selancar dunia yang berkunjung ke Indonesia. Terdapat banyak spot surfing kelas dunia di Mentawai dengan ombaknya yang besar dan tinggi mencapai 3 meter. Selain itu, keindahan alam dan pantai mentawai juga luar biasa. Akses paling mudah ke Mentawai adalah dari Padang, ibukota Sumatera Barat. Setelah itu memggunakan kapal yang bertolak dari pelabuhan Bungus dan pelabuhan Muara Padang.

2. Wisata Alam Ngarai Sianok Sumatera Barat


Ngarai Sianok juga menjadi tempat wisata terkenal di Sumatera Barat, letaknya berada di antara Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam. Ngarai atau lembah ini dalamnya sekitar 100 meter dan membentang sepanjang 15 km, di dasarnya mengalir anak sungai yang berliku dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Pemandangan yang disajikan Ngarai Sianok sangat menyegarkan mata dan pastinya menjadi surga bagi para fotografer dan juga pecinta alam.


3. Wisata Sejarah Lubang Jepang Sumatera Barat


Selain wisata alam, Ngarai Sianok juga menyajikan wisata sejarah, yakni adanya lobang buatan Jepang. Lobang Jepang ini dibangun pada saat Perang Dunia Dua dengan mempekerjakan penduduk setempat. Letaknya 40 meter di bawah tanah dan merupakan sebuah terowongan perlindungan yang dibangun untuk kepentingan pertahanan tentara Jepang pada waktu itu. Lobang Jepang ini seperti gua dengan panjang lebih dari 1.400 meter. Di dalamnya terdapat berbagai ruangan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan para tentara.

4. Wisata Alam Air Terjun Lembah Anai Sumatera Barat


Air Terjun Lembah Anai Terletak tepat di pinggir jalan raya trans Sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bukittinggi, tepatnya di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Sebenarnya da 3 air terjun di lokasi ini, tapi satu yang paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yaitu air terjun Lembah Anai yang memiliki ketinggian 35 meter. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan.

5. Pantai Air Manis Padang Sumatera Barat


Pantai Air Manis merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal di Sumatera Barat, tepatnya di Kota Padang. Bukan pantai dan ombak yang menjadi daya tariknya tetapi adanya sebuah batu Malin Kundang, si anak durhaka yang melegenda. Jika diperhatikan, batu tersebut memang menyerupai sosok manusia yang sedang bersimpuh. Tampak jelas punggung, tangan serta kepala Malin Kundang.


6. Wisata Budaya Istana Pagaruyung Sumatera Barat


Istana Pagaruyung atau Istano Basa merupakan tempat wisata budaya di Sumatera Barat yang terletak di Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar. Dulunya berfungsi sebagai kediaman Raja Minangkabau. Istana yang berdiri sekarang ini adalah replika dari yang asli. Istana Pagaruyung yang asli terbakar pada sebuah kerusuhan tahun 1804. Sebagai tempat wisata, Istana Pagaruyuang menawarkan koleksi barang-barang peninggalan kerajaan yang hingga saat ini masih terawat dengan baik.

7. Pulau Cubadak Pesisir Selatan Sumatera Barat


Pulau Cubadak Terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera Barat, termasuk dalam Kawasan Wisata Mandeh. Untuk menuju ke Pulau Cubadak dapat menggunakan kapal dari desa Carocok. Pantai di pulau ini berpasir putih dan sepi. Di sana terdapat resort yang dimiliki oleh orang asal Italia. Di pulau ini juga terdapat hutan di mana berbagai jenis satwa hidup.

8. Wisata Bahari Pulau Pagang Sumatera Barat


Selain itu masih ada lagi pulau di Sumatera Barat yang indah untuk dikunjungi yaitu Pulau Pagang, pulau ini terletak beberapa puluh kilometer dari kota Padang dan masuk dalam wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Untuk menuju ke Pulau Pagang, pengunjung bisa sewa perahu dari pelabuhan bungus. Hamparan pantai berpasir putih serta deburan ombak yang tidak besar merupakan daya tarik utama pulau pagang.

9. Wisata Bahari Pulau Pasumpahan Sumatera Barat


Pulau Pasumpahan termasuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat, sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Oleh karena itu pulau ini dekat jika Anda menggunakan kapal dari Teluk Bungus. Pasumpahan terbentang seluas 5 hektar dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang bening.

10. Janjang Koto Gadang, Tembok Cina ala Sumatera Barat


Janjang Koto Gadang merupakan tangga sepanjang 1 km dengan rute yang memiliki sejarah panjang sejak zaman penjajahan dulu. Pembangunan Janjang Koto Gadang, terinspirasi dari Tembok Besar Cina. Karena itu gaya arsitektur janjang ini agak mirip dengan great wall di Cina. Sepanjang jalan Janjang Koto Gadang Anda akan dihadapi dengan pemandangan alam Ngarai Sianok dari jarak yang lebih dekat, serta hamparan sawah dan tebing-tebing. Setelah sampai di puncaknya, Anda bisa melihat pemandangan Ngarai Sianok dari sisi yang berbeda.

11. Lembah Harau Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat


Selain Ngarai Sianok di Bukittinggi, Sumatera Barat juga punya lembah lain yang sangat menarik untuk dikunjungi, yaitu Lembah Harau yang letaknya ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, dekat fengan Kota Payakumbuh. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian ratusan meter. Di sini Anda akan melihat hijaunya alam dan batuan tebing yang begitu indah dan masih terjaga keasriannya. Selain itu ada juga beberapa air terjun dengan ketinggian yang bervariasi.


Inilah 11 Tempat Wisata Terkenal Di Sumatera Barat Indonesia
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar