14 Tempat Wisata di Aceh Yang Mungkin Traveler Sukai - Wisata ACEH

Terletak di bagian paling barat Indonesia, Aceh menawarkan beragam tempat wisata yang mempesona. Mulai dari alam yang indah, budaya yang khas, kesenian yang dinamik, ditambah dengan kuliner Aceh yang luar biasa. Bagi traveler yang mau menghabiskan akhir pekan di Aceh, alltempatwisata.com sudah membuat beberapa daftar tempat wisata di Aceh yang bisa kalian kunjungi sebagai berikut.

1. Wisata Religi Masjid Raya Baiturrahman Aceh


Masjid Raya Baiturrahman merupakan tempat wisata religi di Aceh yang dapat Anda kunjungi, Masjid ini memiliki sejarah yang panjang karena telah ada sejak era kejayaan Kesultanan Aceh dan hingga saat ini masih berdiri di tengah Kota Banda Aceh. Masjid Raya Baiturrahman menempati area kurang lebih empat hektar, memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk. Di halaman depan Masjid Raya Baiturrahman terdapat sebuah kolam besar, rerumputan yang tertata rapi dengan tanaman hias.

2. Wisata Bahari Pantai Ulee Lhue Aceh


Ulee Lhue adalah nama sebuah pantai di Banda Aceh yang letaknya cukup dekat dari pusat kota. Pantai ini mungkin tidak sebagus pantai lain di Aceh, tapi bisa menjadi bagian dari tujuan wisata para traveler. Di Pantai Ulee Lheue Aceh ini kita bisa menikmati pemandangan saat mentari kembali ke peraduan dan pads malam harinya kita dapat menikmati suasana pantai ditemani dengan jagung bakar yang dijajakan di pinggir pantai.

3. Museum Tsunami Aceh


Museum tsunami terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda dekat Simpang Jam dan berseberangan dengan Lapangan Blang Padang kota Banda Aceh. Tujuan dibangunnya museum ini adalah untuk mengenang gempa bumi yang mengakibatkan tsunami pada 2004. Museum ini memiliki 2 lantai, di lantai 1 terdapat beberapa ruangan yang berisi rekam jejak kejadian tsunami di Aceh, sedangkan di lantai 2 museum ini berisi media-media pembelajaran berupa perpustakaan, alat peraga, ruang empat dimensi, dan souvenir shop.

4. Air Terjun Blang Kolam


Air Terjun Blang Kolam merupakan salah satu objek wisata air terjun yang ada di Aceh. Pada saat konflik bersenjata di Aceh, kebanyakan warga tak berani berkunjung ke air terjun ini, karena kontak tembak antara aparat keamanan dan gerilyawan kerap terjadi di sekitar lokasi. Namun kondisi Aceh kini sudah pulih dan warga pun bisa berkunjung ke Air Terjun Blang Kolam yang lokasinya ada di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara atau sekitar 30 kilometer dari Lhokseumawe.

5. Air Terjun Suhom


Selain Blang Kolam, ada lagi air terjun yang dapat para traveler kunjungi di Aceh yaitu Air Terjun Suhom. Tempat wisata ini berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, kurang lebih 70 kilometer dari Banda Aceh. Untuk menuju ke tempat ini traveler harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, dengan jalanan berupa tanjakan dan turunan melewati bukit Paro dan Kulu. Air Terjun Suhom sendiri terdiri dari tiga tingkatan namun pengunjung hanya diperbolehkan sampai di tingkat satu saja, di bawah air terjun ini ada kolam yang dapat digunakan untuk berenang tetapi cukup dalam.

6. Pantai Lampuuk di Aceh Besar


Pantai Lampuuk merupakan salah satu pantai di Aceh yang dapat Anda kunjungi, pantai ini cocok untuk berselancar, pada 13-17 Maret 2013 pernah digelar event surfing yang diikuti beberapa negara. Bagi traveler yang mau ke Pantai Lampuuk, lokasinya berada di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, sekitar 17 kilometer dari Kota Banda Aceh. Aksesnya juga cukup mudah bisa dijangkau kendaraan roda dua dan empat.

7. Snorkeling di Pantai Iboih


Pantai Iboih berada di kota paling barat Indonesia yaitu di Sabang, Provinsi Aceh. Pantai ini bisa dicapai melalui pelabuhan Ulee Lhue di Banda Aceh. Snorkeling adalah salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan bwah laut di Pantai Iboih. Anda bisa bercengkrama dengan ikan-ikan hias yang berenang dan bersembunyi di balik karang. Bagi Anda yang tidak bawa peralatan snorkeling, tenang saja karena di Iboih ada tempat penyewaan.

8. Pulau Rubiah


Jika masih kurang puas di Pantai Iboih traveler bisa mengunjungi Pulau Rubiah, yang bisa dicapai dari Iboih atau yang dikenal juga dengan Teupin Layeu. Pulau Rubiah terkenal dengan keindahan taman bawah lautnya, inilah salah satu spot terbaik untuk penyelaman di Aceh. Di sana terdapat berbagai terumbu karang, yang sengaja dibuat maupun alami. Untuk perlengkapan selam atau snorkeling juga bisa disewa lengkap dengan instruktur.

9. Pantan Terong


Pantan Terong merupakan sebuah bukit berketinggian 1.835 mdpl yang letaknya berada di Dataran Tinggi Gayo Takengon, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Dari puncak bukit ini, kita bisa melihat pemandangan Kota Tankengon serta danau laut tawar dari tempat tertinggi di Aceh ini. Pantan Terong mudah dijangkau dari kota Takengon, para traveler bisa menggunakan mobil atau sepeda motor.

10. Pantai Sumur Tiga


Pantai Sumur Tiga ini letaknya ada di Pulau Weh, kurang lebih jaraknya sekitar 15 menit dari pusat Kota Sabang, tepatnya di Kecamatan Ie Meule, Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Provinsi Aceh. Pantai ini menyajikan pasir berwarna putih bersih dan laut yang biru jernih. Sesuai dengan namanya di pantai ini terdapat tiga sumur yang berair tawar, padahal letaknya tidak jauh dari laut. Konon ketiga sumur inilah yang membuat nama pantai ini menjadi Pantai Sumur Tiga.

11. Museum Negeri Aceh


Museum Negeri Aceh termasuk museum tertua di Indonesia, karena telah berusia satu abad lebih. Pembangunan museum ini dimulai pada saat pemerintahan Hindia Belanda dan diresmikan pada 31 Juli 1915. Museum yang terletak di Jalan Alauddin Mahmud Syah, Banda Aceh ini mempunyai beragam koleksi yang bisa kita lihat mulai dari perkakas, peralatan pertanian, peralatan rumah tangga, senjata tradisional, pakaian tradisional dan masih banyak lagi.

12. Pucok Krueng


Selain terkenal dengan pantainya yang indah, Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar juga mempunyai wisata alam lain yang tidak kalah menggoda yaitu Pucok Krueng. Tempat wisata di Aceh ini disebut Pucok Krueng yang diambil dari bahasa lokal yaitu Ujung atau Muara Sungai. Pucok Krueng ini berupa telaga, kolam pemandian dengan air berwarna hijau dan diapit hutan-hutan nan asri. Selain itu di sisi kolam juga terdapat tebing.

13. Lhok Mata Ie


Lhok Mata Ie merupakan sebuah tempat wisata tersembunyi di Aceh, karena letaknya berada di balik bukit bernama Ujong Pancu. Lhok Mata Ie ini berupa pantai yang berlokasi di Aceh Besar, tepatnya di Kecamatan Peukan Bada. Perjalanan menuju pantai ini sangat melelahkan, terutama harus mendaki bukit yang lumayan terjal. Selain bisa menikmati pantai, para traveler juga bisa mendirikan tenda di sini.

14. Pantai Lhok Mee


Lhok Mee merupakan sebuah pantai yang terletak di Aceh Besar, pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Pasir Putih Lhok Mee. Letak pantai lhok mee ini berada di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, sekitar 2 kilometer dari pelabuhan Kruen Raya Malahayati. Untuk ke Pantai ini hanya dibutuhkan waktu setengah jam saja dari Kota Banda Aceh. Ciri khas dari pantai lhok mee ini adalah terdapatnya pohon yang tumbuh di dalam air di pinggir pantai.


14 Tempat Wisata di Aceh Yang Mungkin Traveler Sukai - Wisata ACEH
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar