10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menyenangkan - Wisata Sukabumi

Mengunjungi tempat wisata di Sukabumi bisa menjadi pilihan wisata anda yang menyenangkan, karena di Sukabumi anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menarik seperti arung jeram, air terjun, pantai, sampai menyusuri goa. Sukabumi adalah sebuah daerah di Jawa Barat yang wilayahnya berbatasan dengan laut serta pegunungan, oleh karena itu tidak mengherankan jika tempat wisata di Sukabumi lebih terkenal  dengan wisata pantainya. Bagu traveler yang mau berkunjung ke Sukabumi, kita mempunyai daftar tempat wisata di Sukabumi yang cukup menarik seperti berikut.

Baca Juga: Wisata Sukabumi, Menikmati Air Terjun dan Pantai-Pantai nan Indah

1. Arung Jeram Sungai Citarik


wisata sukabumi
Wisata Arung Jeram Sungai Citarik Sukabumi
Tempat wisata di Sukabumi ini cocok bagi anda yang suka tantangan yaitu arung jeram Sungai Citarik. Dengan menggunakan perahu karet serta ditemani pemandu, traveler akan mengarungi sungai dengan jeram yang memenuhi standar internasional di Sukabumi. Bukti bahwa jeram di Sungai Citarik ini bertaraf internasional adalah pernah menjadi tuan rumah World Rafting Championship 2015 dengan mengalahkan dua kandidat tuan rumah lainnya yaitu Australia dan Brasil.

2. Pantai Ujung Genteng

wisata sukabumi
Pantai Ujung Genteng Sukabumi

Pantai Ujung Genteng merupakan tempat wisata di Sukabumi yang cukup populer. Meski harus menempuh perjalanan darat yang cukup jauh terutama bagi warga ibu kota, namun pantai dengan hamparan pasir putihnya ini tetap menjadi incaran para wisatawan dalam menikmati liburannya. Pantai Ujung Genteng berlokasi di Kecamatan Ciracap. Selain menikmati keindahan pantainya, ttaveler juga bisa melihat penangkaran penyu di Ujung Genteng.

3. Air Terjun Cikaso


wisata sukabumi
Curug Cikaso Sukabumi
Setelah dari Ujung Genteng, para traveler biasanya mengunjungi tempat wisata air terjun di Sukabumi yaitu Curug Cikaso. Curug ini memiliki pemandangan yang mempesona dan tentunya sangat layak untuk dikunjungi. Curug Cikaso berlokasi di Kecamatan Surade, memiliki ketinggian yang cukup tinggi dengan sebuah kolam di bawahnya yang sangat dalam. Ada dua pilihan menuju air terjun setelah pengunjung sampai ke lokasi, yaitu dengan perahu atau jalan kaki.

4. Pantai Pelabuhan Ratu

wisata sukabumi
Pantai Citepus Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan tempat wisata di Sukabumi yang sangat terkenal sejak zaman dulu. Bahkan Presiden Soekarno menjadi inisiator pendirian hotel Samudera Beach Hotel. Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki mitos Ratu Pantai Selatan yang mungkin semua orang sudah pernah mendengarnya. Namun terlepas dari mitosnya tersebut, pantai pelabuhan ratu cukup menarik minat wisatawan. Ombak Pantai Pelabuhan Ratu cukup besar khas Pantai Selatan.

5. Goa Buniayu


wisata sukabumi
Goa Buniayu Sukabumi
Ingin mencari tempat wisata yang berbeda di Sukabumi? Mungkin traveler bisa mengunjungi Goa Buniayu yang menawarkan wisata susur goa. Dengan baju khusus, helm dan lampu anda akan diajak menyusuri goa untuk melihat keadaan di dalam perut bumi dengan stalagtit dan stalagmitnya. Goa Buniayu berlokasi Desa Kertaangsana, kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

6. Situ Gunung


wisata sukabumi
Situ Gunung Sukabumi credit: indahnyaperjalanan.com
Jika arung jeram, air terjun dan pantai masih belum cukup untuk anda, mungkin situ gunung dapat menjadi alternatif tempat wisata di Sukabumi untuk anda, karena di Situ Gunung ini anda bisa menikmati danau dengan pemandangan alam pegunungan yang mempesona sambil camping bersama teman-teman anda. Lokasi situ gunung berada di Cisaat, Kadudampit, Sukabumi, merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

7. Air Panas Cisolok


wisata sukabumi
Air Panas Cisolok Sukabumi
Tak cuma menawarkan kesegaran air terjun dan pantai-pantai indah, sukabumi menawarkan tempat wisata pemandian air panas yang juga cukup menarik yaitu Pemandian Air Panas Cisolok. Jaraknya tidak jauh kurang lebih 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Air Panas Cisolok memiliki keunikan berupa keluarnya air panas dari dalam bebatuan. Selain itu, Anda dapat berendam di kolam air panas yang konon dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

8. Curug Cibeureum


Curug Cibeureum adalah tempat wisata di Sukabumi yang letaknya tidak berada jauh dari kawasan Puncak Bogor. Letak air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Cibodas. Menuju air terjun cibeureum kita harus trekking sejauh kurang lebih 3 kilometer dengan trek menanjak, namun sepanjang perjalanan pun kita akan disuguhkan pemandangan mempesona. Sesampainya di air terjun kita bisa mandi untuk melepas lelah saat treking tadi.

9. Curug Bibijilan


Curug Bibijilan Terletak di Kampung Lebak Nangka, Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Berada di kawasan Goa Buniayu, biasanya curug ini menjadi satu paket ketika Anda menelusuri Goa Buniayu. Curug Bibijilan bertingkat-tingkat dan setiap tingkatannya dapat didaki hingga puncaknya. Jika musim hujan tiba, Curug Bibijilan tidak diperbolehkan untuk dikunjungi karena debit airnya yang tinggi dan cukup deras. Curug ini juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing dan flying fox.

10. Pantai Loji dan Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu sa


Pantai Loji adalah tempat wisata di Sukabumi yang berada di sekitar Pelabuhan Ratu tepatnya di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini sebagian didominasi batu karang, pantai berbatu, dan terlihat cerobong PLTU dari kejauhan. Selain itu di sekitar Pantai Loji juga terdapat Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu sa yang selain digunakan sebagai tempat ibadah juga digunakan untuk tempat wisata. Birunya laut lepas menjadi salah satu daya tarik yang indah untuk disaksikan dari Vihara ini.

Tempat Wisata di Sukabumi
Secara keseluruhan, tempat wisata di Sukabumi cukup menyenangkan. Banyak tempat yang bisa dijelajahi para traveler mulai dari pantai, air terjun, arung jeram, hingga wisata susur goa bisa dinikmati di Sukabumi.

10 Tempat Wisata di Sukabumi yang Menyenangkan - Wisata Sukabumi
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar