10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Mungkin Anda Suka - Wisata Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. (Wikipedia). Untuk menuju ke Pekanbaru sangat mudah para traveler bisa menggunakan pesawat dan mendarat di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II. Bagi yang berencana untuk traveling ke Pekanbaru, berikut ini ada daftar tempat wisata di Pekanbaru yang mungkin Anda suka.

1. Wisata Keluarga Labersa (Riau Fantasi) Pekanbaru


Riau Fantasi (Labersa Theme Park & Labersa Water Park) merupakan tempat wisata yang dapat dikunjungi bersama keluarga di Pekanbaru. Tempat ini mempunyai kolam renang lengkap dengan fasilitasnya, serta theme park yang berisi ragam permainan seperti Sky Tower, Roller Coaster, Merry Go Round, Ferrish Wheel, Bumper Car dan masih banyak lagi lainnya. Lokasi Riau Fantasi berada di Jalan Labersa Pekanbaru, untuk harga tiket masuk tarif yang dikenakan seharga Rp. 60.000 (hari biasa) dan Rp. 70.000 (hari libur).

2. Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru


Taman Rekreasi Alam Mayang merupakan tempat wisata di Pekanbaru yang komplit dan murah meriah, ditambah suasana asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar. Di taman rekreasi yang berada di jalan Imam Munandar/harapan Raya, Pekanbaru ini terdapat ragam permainan yang cukup menghibur, terutama untuk anak-anak. Mulai dari komedi putar, sepeda air, bom-bom car, mandi bola, ATV, kolam pancing, hingga flying fox pun ada di dalamnya.

3. Wisata Kebun Binatang Kasang Kulim Pekanbaru


Kebun Binatang Kasang Kulim juga dapat menjadi tempat rekreasi bersama keluarga di Pekanbaru. Selain bisa dijadikan sebagai ajang berkumpul, traveling ke kebun binatang ini juga merupakan salah satu cara untuk mengenalkan buah hati dengan berbagai satwa. Di dalam kebun binatang di Pekanbaru ini ada banyak satwa untuk dikenalkan pada anak-anak mulai dari monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi. Selain mengamati koleksi binatang, di sini juga ada arena bermain anak seperti ayunan dan kolam renang anak.

4. Istana Siak Sri Indrapura


Istana Siak Sri Indrapura sebenarnya tidak berada di Pekanbaru, melainkan di Kabupaten Siak dan untuk menuju ke sana dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Pekanbaru. Istana Siak juga dikenal sebagai istana asherayah hasyimiah, dahulu berfungsi sebagai kediaman resmi Sultan Siak. Namun, seiring dengan berakhirnya pemerintahan di Kerajaan Siak, istana ini sekarang dialihfungsikan sebagai tempat wisata. Di istana ini kita bisa melihat kebesaran dan kemegahan Kerajaan Siak tempo dulu, serta barang-barang peninggalannya.

5. Wisata Museum Sang Nila Utama Pekanbaru


Museum Sang Nila Utama adalah objek wisata sejarah dan budaya di Pekanbaru, dimana kita bisa melihat ribuan koleksi benda-benda sejarah serta warisan-warisan yang berhubungan dengan Riau seperti miniatur rumah melayu, miniatur candi muara takus, Istana Siak, pedang, senapan, pakaian adat dan lain-lain. Museum Sang Nila Utama terletak di Jalan Jenderal Sudirman nomor 194 Pekanbaru, diresmikan pada 9 Juli 1994 oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Departement Pendidikan dan Kebudayaan.

6. Wisata Alam Air Terjun Aek Martua


Bergeser dari Pekanbaru kita dapat mengunjungi Air Terjun Aek Martua yang berlokasi di Kabupaten Rokan Hulu. Air terjun ini terletak di kawasan dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan. Nama Aek Martua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada, asal katanya dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah. Air terjun Aek Martua ini memiliki 3 tingkatan dan setiap tingkatan air terjun ini memiliki nuansa tersendiri.

7. Anjungan Seni Idrus Tintin Pekanbaru


Anjungan Seni Idrus Tintin merupakan sebuah bangunan yang terletak di Arena Purna MTQ atau yang sekarang telah berubah namanya menjadi Bandar Serai, letak tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Hal yang menarik dari Anjungan Seni Idrus Tintin ini adalah arsitekturnya yang sangat kental dengan budaya Melayu Riau, bahkan tampak lebih mirip seperti istana daripada tempat pertunjukan seni.

8. Wisata Belanja Pasar Bawah Pekanbaru


Pasar Bawah merupakan tempat wisata belanja di Pekanbaru selain mall, dimana anda bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga, kerabat atau Anda sendiri. Pasar Bawah sudah terkenal sejak lama sebagai pusat perbelanjaan oleh-oleh asli Riau dan telah menjadi ikon tempat wisata belanja para pengunjung dari daerah Pekanbaru maupun dari luar daerah Pekanbaru. Letak pasar bawah berada di pinggir sungai Siak kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Senapelan, Pekanbaru.

9. Candi Muara Takus


Candi Muara Takus ini juga bukan di Pekanbaru, lebih tepatnya di Kabupaten Kampar. Namun Anda bisa mengunjungi candi ini dari Pekanbaru dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Candi Muara Takus merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk Candi di Riau, ditemukan oleh arkeolog Belanda bernama Cornel De Groot pada 1860 silam.

10. Tempat Piknik Danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru


Danau Buatan Lembah Sari awalnya merupakan bendungan irigasi. Sampai kemudian, bendungan buatan ini dijadikan salah satu tempat wisata di Pekanbaru. Danau Lembah Sari ini pernah digunakan untuk penyelenggaraan PON XVIII tahun 2012 yang lalu, untuk venue ski air. Selain menggelar tikar piknik, Anda bisa menyewa perahu dayung dan sepeda air untuk berkeliling danau.


10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Mungkin Anda Suka - Wisata Pekanbaru
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar