21 Tempat Wisata Di Jakarta Buat Piknik - Wisata Jakarta

Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia yang menjadi pusat kegiatan ekonomi dan politik serta tempat tinggal bagi lebih dari 9 juta penduduk. Sebagai Kota Metropolis, Jakarta dipenuhi pusat perbelanjaan mewah, gedung pencakar langit, serta tempat hiburan dan rekreasi. Namun sayangnya sebagai ibukota negara, Jakarta masih harus berbenah diri terutama mengatasi kemacetan.

Baca Juga: Wisata Jakarta, Mengunjungi Monas Sampai Kepulauan Seribu

Di tengah problema yang masih melanda, Jakarta juga mempunyai tempat wisata yang menarik untuk melarikan diri dari kepenatan sehari-hari. Ingin tahu apa saja tempat wisata yang ada di Jakarta tersebut? Berikut ini saya telah membuat daftar 21 tempat wisata di Jakarta untuk Anda kunjungi.

Tempat wisata di Jakarta Pusat

1. Monumen Nasional


Siapa yang tidak kenal monumen nasional, monumen setinggi 132 meter ini merupakan ikon paling terkenal di Jakarta. Pembangunan monumen ini dimulai pada 17 Agustus 1961, atas perintah Presiden Soekarno, untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan bangsa asing.

Monumen Nasional dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975 dan sampai sekarang masih berdiri di tengah Kota Jakarta sebagai monumen peringatan sekaligus tempat rekreasi. Pengunjung yang datang ke Monas bisa naik ke puncaknya untuk melihat pemandangan Jakarta dari atas.

2. Museum Nasional


Sebagian orang mungkin kurang tertarik mengunjungi museum, namun tidak ada salahnya untuk melihat-lihat koleksi di dalamnya untuk menambah sedikit pengetahuan. Nah, di Jakarta Pusat ada salah satu museum yang dapat Anda kunjungi yaitu Museum Nasional.

Museum yang terletak di Jalan Merdeka Barat ini sering juga disebut sebagai museum gajah karena di halaman depan terdapat patung gajah yang merupakan hadiah dari Raja Thailand. Untuk masuk ke museum nasional cukup terjangkau, harga tiketnya yaitu Rp. 5.000 dewasa dan Rp. 2.000 anak-anak.

3. Planetarium


Bila tertarik dengan benda-benda langit, Anda bisa mengunjungi Planetarium yang terletak di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Di tempat ini Anda akan mendapat penjelasan mengenai benda-benda langit dan bahkan pada waktu-waktu tertentu akan diadakan peneropongan untuk melihat beberapa benda langit. Untuk masuk ke Planetarium Jakarta Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 7.000.

Tempat Wisata di Jakarta Utara

4. Pantai Ancol


Bagi warga Jakarta dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati Pantai, karena di utara Jakarta ada Pantai Ancol yang bisa dikunjungi. Pantai Ancol merupakan objek wisata pantai paling terkenal di Jakarta, pantai ini mempunyai ombak yang kecil sehingga cukup aman untuk digunakan berenang. Untuk harga tiket masuk Ancol, per individu dikenakan harga Rp. 25.000, mobil Rp. 20.000 dan Motor Rp. 15.000.

5. Dunia Fantasi


Dunia Fantasi atau yang biasa disingkat dengan Dufan merupakan taman hiburan terbesar yang ada di Jakarta, di dalamnya berisi berbagai wahana permainan seru dan menyenangkan untuk dinikmati anak-anak maupun orang dewasa. Anda tentunya sudah mengenal sekali dengan tempat wisata yang satu ini karena sudah sangat terkenal sekali. Untuk masuk ke dunia fantasi ini dikenakan tiket masuk seharga Rp. 270.000 (reguler).

6. Kepulauan Seribu


Tidak jauh dari daratan Jakarta ada Kepulauan Seribu yang menawarkan banyak pulau dengan pantai yang indah. Meskipun namanya kepulauan seribu, namun pulau-pulau di sini tidak berjumlah seribu seperti namanya. Ada beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang dapat Anda tuju yaitu Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Bidadari dan masih banyak lagi lainnya.

7. Ocean Dream Samudera


Masih berada di Kawasan Ancol Anda dapat mengunjungi Ocean Dream samudera atau yang dikenal juga dengan Gelanggang Samudera. Sesuai namanya, Gelanggang Samudera ini menawarkan atraksi menarik seputar hewan laut, di tempat ini anda bisa melihat pentas lumba-lumba, atraksi singa laut dan bermacam satwa lainnya. Untuk bisa melihat atraksi satwa tersebut pengunjung harus merogoh kocek untuk tiket masuk seharga Rp. 150.000.

Tempat Wisata di Jakarta Timur

8. Taman Mini Indonesia Indah


Tempat wisata di Jakarta berikutnya adalah Taman Mini, sebuah tempat wisata bertema kebudayaan Indonesia yang juga cukup dikenal masyarakat. Taman Mini Indonesia Indah menempati lahan yang luas, letaknya berada di Jakarta Timur. Ada beberapa wahana rekreasi di Taman Mini yang disediakan untuk pengunjung yaitu Kereta Gantung, Keong Mas, Aquarium Dunia Air Tawar, Istana Anak-Anak serta masih banyak lagi lainnya.

9. Snowbay Waterpark


Masih berada di Kompleks Taman Mini Anda dapat mengunjungi taman bermain air yang berkonsep pegunungan salju yaitu Snowbay. Tempat ini dibangun pada tahun 2008 dan diresmikan pembukaannya oleh Hj. Siti Hardiyanti Rukmana pada tanggal 19 April 2009. Untuk bisa menikmati wahana air Snowbay Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 140.000 (senin-jumat) dan Rp. 180.000 (sabtu-minggu).

Tempat Wisata di Jakarta Selatan

10. Kebun Binatang Ragunan


Kebun Binatang Ragunan terletak di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, merupakan kebun binatang satu-satunya yang ada di Jakarta. Kebun Binatang ini sudah sejak lama menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Jakarta, selain harga tiket masuk yang terjangkau, Anak-anak pun bisa melihat dan mengenal satwa secara langsung di Kebun Binatang ini.

11. Kidzania


Jika Anda mencari tempat wisata di Jakarta untuk anak usia 2-16 tahun, Kidzania merupakan salah satu tempat yang bisa dikunjungi, karena tempat ini memang dirancang khusus untuk Anak di usia tersebut. Kdzania mempunyai konsep unik untuk bermain anak, karena dirancang menyerupai kota sesungguhnya.

Di kidzania anak-anak bisa memainkan peran sebagai orang dewasa seperti menjadi dokter atau pemadam kebakaran. Untuk bisa bermain di Kidzania pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp. 50.000 - Rp. 200.000.

12. Wowzonia


Wowzonia merupakan tempat bermain anak yang terletak di lantai 3 Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan. Tempat ini sudah dibuka sejak 2011, merupakan cabang dari wowzonia singapura. Ada beberapa area bermain yang disediakan di wowzonia yaitu 3D Glow Golf, Space Ball, Jungle Play Gym, Toddler Play sera tempat makan the cave bistro. Jika tertarik harga tiket masuk tempat ini mulai dari Rp. 55.000 sampai Rp. 165.000.

13. Kidspace


Kidspace terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda No 7, Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Merupakan Arena bermain dalam ruangan yang dikhususkan untuk Anak usia 6 bulan – 12 Tahun. Kidspace terbagi menjadi beberapa area, ada Paperclip Climber, Aquadium, Sandium, Imagination Blocks, Exploratium, dan Tot Spot. Bahkan ada juga kelas Gym untuk anak, agar bisa main di tempat ini pengunjung harus membayar tiket masuk mulai dari harga Rp. 35.000 - Rp. 125.000.

14. Playparq


Playparq merupakan wahana bermain di Jakarta yang ditujukan khusus untuk anak-anak, lokasinya tersebar di tiga wilayah Jakarta Selatan yakni Playparq Kemang, Playparq Bintaro dan Playparq Epicentrum Kuningan. Ketiganya mempunyai wahana permainan masing-masing menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya. Harga tiket masuk playparq ini berkisar Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000 namun khusus hari selasa harga tiketnya Rp. 30.000.

15. Waterpark The Wave Pondok Indah


Bagi yang tinggal di Pondok Indah dan ingin menghabiskan masa liburnya dengan berenang, di kawasan Pondok Indah Mall ada waterpark The Wave yang bisa Anda kunjungi. Waterpark The Wave ini mempunyai 7 wahana dengan keseruannya tersendiri, dimulai dari Olympic Pool, Aqua Play, Tube Slide, Wave Pool, Whizzard Slide, Lazy River sampai Flow Rider. Untuk bisa masuk ke waterpark the wave pondok indah pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp. 100.000 (Senin-Jumat), Rp. 150.000 (Sabtu-Minggu).

16. Pinisi Edutainment Park


Pinisi Edutainment Park adalah taman bermain indoor untuk anak yang di desain menyerupai kota pelabuhan dengan landmarknya sebuah kapal pinisi. Tempat ini berlokasi di Gedung Pasaraya Blok M, Jl. Iskandarsyah II No 2 Jakarta Selatan. Permainan yang ditawarkan oleh phinisi park ini terbagi dalam beberapa area mulai dari planetarium, science gallery sampai area seni dan budaya.

17. Museum Layang-Layang


Di Pondok Labu Jakarta Selatan terdapat sebuah Museum Layang Layang Indonesia, yang saya ketahui merupakan satu-satunya di Jakarta. Di dalam Museum ini terdapat aneka ragam jenis layang-layang yang ada di seluruh mancanegara termasuk Indonesia. Selain melihat lihat koleksi layang Anda juga dapat membuat layang-layang sendiri sampai belajar membatik.

18. Cibubur Garden Dairy (Cibugary)


Selain tempat wisata modern tadi, Jakarta juga mempunyai tempat wisata agro yang letaknya ada di Pondok Rangon, Cipayung yaitu Cibubur Garden Dairy atau yang disingkat dengan Cibugary. Cibugary merupakan kawasan agro peternakan sapi perah bernuansa taman, dimana anda akan diberikan penjelasan mengenai dunia peternakan sapi, mulai dari proses mengolah susu sampai jadi. Untuk mengikuti agrowisata ini harganya bervariasi mulai dari Rp. 50.000,- s/d Rp. 70.000,- per orang.

Tempat Wisata di Jakarta Barat

19. Museum Bank Indonesia


Bagi yang tertarik dengan dunia perbankan, Jakarta mempunyai Museum Bank Indonesia yang terletak di kawasan kota tua, di jalan Pintu Besar Utara No 3, Jakarta Barat. Di museum ini pengunjung tidak hanya sekedar menyaksikan koleksi dunia perbankan yang ada, namun juga bisa belajar mengenai sejarahnya. Untuk masuk ke museum bank indonesia ini sangat terjangkau, harga tiket masuknya seharga Rp. 5.000.

20. Museum Fatahillah


Museum Fatahillah merupakan museum sejarah Jakarta yang terletak di kota tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Museum ini merupakan salah satu objek wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan kota tua yang di dalamnya terdapat berbagai peninggalan sejarah kota Jakarta mulai dari zaman prasejarah sampai zaman setelah kemerdekaan.

21. Ice Skating Mall Taman Anggrek


Bila Anda mau main ice skating di Jakarta, Anda bisa mengunjungi Mall Taman Anggrek yang terletak di Jalan S. Parman, Jakarta Barat. Yang saya ketahui, inilah satu-satunya mall yang mempunyai wahana ice skating di Jakarta dan kabarnya merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Untuk bisa main ice skating di Mall Taman Anggrek anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 65.000 (senin-jumat) dan Rp. 85.000 (sabtu-minggu selama 2 jam).


21 Tempat Wisata Di Jakarta Buat Piknik - Wisata Jakarta
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar