9 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Harus Dikunjungi - Wisata BUKITTINGGI

Mengunjungi Bukittinggi jangan cuma melihat Jam Gadang saja, tetapi kunjungi juga tempat wisata di Bukittinggi lainnya yang sangat menarik seperti Ngarai Sianok, Janjang Saribu dan masih banyak lagi lainnya. Nah, untuk Anda yang mau berwisata di Bukittinggi, tempat berikut ini bisa jadi pilihan Anda.

1. Jam Gadang


Jam Gadang inilah simbol dari Sumatera Barat yang letaknya ada di Bukittinggi, jam ini berdiri setinggi 26 meter di tengah Kota sebagai penanda waktu sekaligus penanda pusat Kota. Menara jam ini dibuat dimasa kepemimpinan Rook Maker dan selesai pembangunannya pada tahun 1926. Sekarang Jam Gadang sangat terkenal dan menjadi salah satu lokasi foto favorit wisatawan di Bukittinggi.


2. Ngarai Sianok


Berkunjung ke Bukittinggi belum lengkap jika tidak mengunjungi Ngarai Sianok yang merupakan wisata alam terpopuler di Kota ini. Ngarai Sianok ini adalah sebuah lembah sepanjang 15 km dan kedalamannya 100 meter, pemandangan dari atas sangat indah Anda bisa melihat anak sungai berliku-liku yang mengalir dibawahnya.

3. Lubang Jepang


Lubang Jepang atau bunker ini merupakan peninggalan Jepang pada masa perang dunia ke dua yang digunakan untuk kepentingan Jepang pada waktu itu. Letaknya berada di Jalan Panorama, Kelurahan Bukit Cangang kayu Ramang, kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Satu bagian dengan obyek Wisata Taman Panorama.

4. Janjang Koto Gadang


Sudah tahu belum kalau di Bukittinggi ada tembok cina? Jika belum Anda wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Tembok Cina ala Indonesia ini bernama Janjang Koto Gadang, letaknya menghubungkan Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam. Ada dua pintu masuk bagi traveler yang ingin menapakkan kaki di tembok sepanjang 1 km ini yaitu di dekat lubang jepang atau dari ujung lainnya.

5. Benteng Fort De Kock


Benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825 pada masa Baron Hendrik Markus De Kock sewaktu menjadi Wakil Gubernur Jenderal Hindia Belanda, karena hal itu benteng ini terkenal dengan nama Benteng De Kock. Benteng ini terletak di atas Bukit Jirek, dulu digunakan oleh Tentara Belanda sebagai pertahanan dari gempuran rakyat Minangkabau terutama sejak meletusnya perang Paderi pada tahun 1821-1837.

6. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan


Untuk wisata Anak di Bukittinggi ada Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan atau lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang. Taman ini dibangun tahun 1900 oleh seorang berkebangsaan Belanda. Kemudian pada tahun 1929 dijadikan kebun binatang oleh Dr. J. Hock. Selain kebun binatang, di tengah lokasi wisata ini terdapat Museum Kebudayaan, Museum Zoologi dan tempat bermain anak.

7. Museum Tri Daya Eka Dharma


Museum Tri Daya Eka Dharma terletak di depan Taman Panorama, merupakan museum yang memiliki koleksi ratusan senjata yang pernah digunakan pada zaman perang. Di dalam museum ini dapat kita saksikan peninggalan sejarah seperti pesawat, senjata, sarana komunikasi serta foto perjuangan sewaktu melawan penjajah Belanda, Jepang dan masih banyak lagi koleksi lainnya.

8. Rumah Kelahiran Bung Hatta


Bung Hatta merupakan proklamator kemerdekaan Indonesia sekaligus wakil presiden pertama Indonesia. Beliau lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Kota Bukittinggi. Saat ini rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi masih ada meskipun hasil dari revitalisasi. Jika Anda ingin berkunjung rumah kelahiran Bung Hatta ini letaknya ada di Jalan Soekarno - Hatta, No.37, Kota Bukittingi.

9. Air Terjun Lembah Anai


Lembah Anai merupakan sebuah air terjun yang letaknya ada di pinggir jalan raya Padang - Bukittinggi, tepatnya di Kecamatan Sepuluh Koto. Air terjun ini berketinggian 35 meter dan merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah patahan Anai. Kawasan wisata ini sangat cocok untuk bersantai sejenak di tengah perjalanan panjang menuju Bukittinggi.


9 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Harus Dikunjungi - Wisata BUKITTINGGI
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar