13 Tempat Wisata di Makassar Yang Mainstream - Wisata MAKASSAR

Tempat Wisata di Makassar merupakan yang paling terkenal dan banyak dikunjungi di Provinsi Sulawesi Selatan, selain mempunyai banyak tempat wisata menarik, Makassar juga juga mempunyai akomodasi yang cukup lengkap, sehingga memudahkan para wisatawan untuk berkeliling Kota. Bila kalian mau berwisata di Makassar inilah tempat yang bisa dikunjungi.

1. Tempat Wisata Bersejarah Benteng Rotterdam Makassar


Inilah peninggalan bersejarah di Makassar yang masih kita jumpai sampai saat ini dan sekarang menjadi tujuan wisata bagi kebanyakan orang di Makassar. Dengan mengunjungi benteng rotterdam ini kita tidak hanya disuguhkan bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu masa penjajahan, namun kita juga dapat mempelajari tentang sejarah Makassar.

Sebelum masuk ke Benteng Rotterdam pengunjung harus mengisi buku tamu, lalu membayar harga tiket sesuai ketentuan dan setelahnya pengunjung bebas menjelajahi setiap sudut bangunan benteng. Perlu diketahui, Fort Rotterdam dahulu bernama benteng ujung pandang sebelum kerajaan Gowa menyerahkannya kepada Belanda dan merubah namanya menjadi Benteng Rotterdam.

2. Tempat Wisata Taman Hiburan Trans Studio Makassar


Kalau di Jakarta ada Dufan, maka di Makassar ini ada Trans Studio. Tempat ini merupakan taman hiburan dalam ruangan yang dimiliki oleh perusahaan TV swasta di Indonesia dan saat ini baru ada dua Trans Studio di Indonesia yaitu Makassar dan Bandung. Tempat ini berlokasi di Jl. H.M Dg. Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar. Untuk masuk ke tempat ini pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp. 100.000 (senin-jumat) dan Rp. 150.000 (sabtu-minggu).

3. Tempat Wisata Pantai Losari Makassar


Pantai Losari merupakan tempat wisata di Makassar yang wajib dikunjungi, letaknya berada di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau. Namun jangan harap Anda bisa bermain pasir di Pantai Losari, karena ikon pantai di Makassar ini tidak memiliki pasir. Meskipun begitu jangan khawatir sebagai gantinya Anda bisa tetap memandangi laut, karena sudah dibuat tempat khusus untuk pengunjung, ditambah tulisan pantai losari untuk foto-foto.

4. Wisata Kolam Renang Bugis Waterpark


Untuk memuaskan hasrat Anda yang ingin berenang kunjungilah Bugis Waterpark, sebuah waterpark bernuansa bugis yang cukup besar di Kota Makassar. Taman bermain air ini berlokasi di kawasan Bukit Baruga Antang, Makassar, Sulawesi Selatan, sedangkan harga tiket masuknya adalah Rp. 80.000 (senin-jumat) dan Rp. 130.000 (sabtu-minggu). Bugis Waterpark memberikan nama seluruh wahananya dengan bahasa Bugis, dengan maksud memberikan edukasi bagi pengunjung.

5. Wisata Bersejarah Benteng Somba Opu Makassar


Selain Fort Rotterdam, Makassar juga mempunyai objek wisata sejarah lain yaitu Benteng Somba Opu. Sebenarnya benteng ini terletak di Kabupaten Gowa, namun jaraknya tidak terlalu jauh dari Makassar sekitar 10 kilometer. Benteng ini didirikan oleh Raja Gowa IX yang bernama Karaeng Tu Mapa’risi Kallonna yang kemudian dilanjutkan oleh raja-raja setelahnya. Di dalam benteng ini Anda bisa melihat beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan. Selain itu, terdapat juga museum yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa.

6. Wisata Keluarga Gowa Discovery Park Makassar


Gowa Discovery Park (GDP) merupakan tempat wisata untuk keluarga di Makassar yang mempunyai tiga wahana di dalamnya, yaitu waterboom, taman satwa dan treetop. Lokasi GDP terletak tidak jauh dari Somba Opu, tepatnya di Jl Daeng Tata, Kecamatan Makassar, Sulawesi Selatan. Para wisatawan bisa menikmati ketiga wahana yang ditawarkan GDP dengan membayar tiket terusan seharga Rp. 100.000 atau memilih salah satu wahana yang ada di sana dengan rincian harga tiket seperti berikut.

- Waterboom + Taman Satwa = Rp. 70.000
- Taman Satwa = Rp. 30.000
- Treetop = Rp. 40.000

7. Wisata Pantai Akkarena Makassar


Selain Pantai Losari, ada pantai lain di Makassar yang tidak kalah menarik dikunjungi yaitu Pantai Akkarena. Lokasinya berada di daerah tanjung bunga, Makassar. Perbedaan pantai akkarena dengan pantai losari terlihat cukup jelas, jika di pantai losari tidak ada pasir maka di pantai akkarena ini ada, meskipun warna pasirnya tidak putih. Selain itu di pantai akkarena juga terdapat dermaga yang cukup panjang untuk menikmati sunset.

8. Wisata Bahari Pulau Gusung Makassar


Pulau Gusung alias Lae-Lae Kecil ini merupakan sebuah pulau kecil yang berada tidak jauh dari daratan Makassar, untuk menuju ke sana Anda bisa sewa perahu dari dermaga popsa dengan waktu tempuh kurang dari 10 menit. Menurut berbagai sumber, pulau gusung ini dulunya adalah sebuah tanggul untuk meredam ombak. Namun karena proses sendimentasi yang terjadi, lama kelamaan terbentuklah pulau ini.

9. Wisata Populer Pulau Samalona Makassar


Samalona adalah sebuah pulau kecil paling terkenal yang menjadi tujuan wisata bagi orang-orang yang berkunjung ke Makassar. Pulau ini mempunyai pantai berpasir putih, lautan berwarna biru jernih serta pemandangan indah, yang tidak dimiliki oleh pantai yang ada di Kota Makassar. Untuk menuju ke Pulau Samalona, dibutuhkan waktu 30-40 menit, Anda bisa sewa kapal dari dermaga di Kota Makassar dengan tarif 300 ribu - 400 ribu Rupiah.

10. Wisata Pulau Kodingareng Keke Makassar


Selain Pulau Samalona, ada juga Pulau bernama Kodingareng Keke, pulau di Makassar ini tidak lebih populer dari pulau samalona, ukurannya pun lebih kecil hanya sekitar 1 ha saja, sehingga tidak ada penduduk sama sekali di pulau ini. Namun biasanya sih wisatawan kesini setelah mengunjungi Pulau Samalona atau sebaliknya, jadi kalian bisa dapat dua destinasi sekaligus.

11. Wisata Pulau Langkai Makassar


Bila masih punya banyak waktu kunjungi juga Pulau Langkai yang berjarak 36 km dari kota Makassar. Pulau langkai merupakan salah satu dari tiga pulau terluar Makassar dan termasuk Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah. Berbeda dengan pulau sebelumnya, Pulau Langkai ini sudah ada penduduknya dan listrik pun juga sudah ada yang berasal dari generator.

12. Pulau Lanjukang


Pulau Lanjukang merupakan yang terjauh dari pulau-pulau sebelumnya, dan lebih dekat dengan Pulau Langkai. Untuk sampai ke pulau ini anda dapat menggunakan kapal kecil yang bisa disewa di sekitar pelabuhan Paotere Makassar, dengan waktu tempuh berkisar 2 jam. Tarifnya bervariasi, tergantung cara anda bernegosiasi dengan pemilik kapal.

13. Pulau Kayangan


Pulau Kayangan merupakan pulau kecil berbentuk bulat yang jaraknya paling dekat dengan Kota Makassar, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja dengan perahu untuk kesini dari pelabuhan di Kota Makassar. Selain mempunyai hamparan pasir putih, pulau kayangan juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan serta dermaga untuk kapal berlabuh.

13 Tempat Wisata di Makassar Yang Mainstream - Wisata MAKASSAR
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar