10 Tempat Wisata di Padang Yang Menggoda Untuk Dikunjungi - Wisata PADANG

Tempat Wisata di Padang - Kota Padang memang mempunyai sejumlah tempat wisata menarik. Namun jika Anda pergi sedikit lebih jauh maka akan menemukan beberapa pulau indah yang cukup layak untuk dikunjungi. Mau tahu apa saja pulau itu? Inilah tempat wisata di Padang yang bisa jadi tujuan wisata Anda.

10 Tempat Wisata di Padang

1. Pantai Air Manis


Semua orang Indonesia pasti sudah pernah mendengar cerita dari Padang tentang Legenda Malin Kundang, yaitu seorang anak yang durhaka terhadap ibunya lalu dikutuk jadi batu. Nah, sepertinya cerita tersebut memang benar-benar terjadi di Padang, karena di Pantai Air Manis anda dapat melihat bebatuan tercecer seperti manusia sedang sujud serta beberapa peralatan perahunya. Jika Anda penasaran, datang saja ke Pantai Air Manis ini yang terletak 15 km dari Pusat Kota Padang.

2. Museum Adityawarman


Kita tinggalkan Pantai Air Manis dan sekarang menuju ke tempat wisata di Padang selanjutnya yaitu Museum Adityawarman. Ini adalah museum kebudayaan Sumatera Barat yang bangunannya didesain dengan gaya rumah gadang yang merupakan rumah tradisional Sumatera Barat. Sedangkan Adityawarman sendiri merupakan nama seorang raja Minangkabau yang berkuasa di abad XIV Masehi.

Koleksi di dalam Museum Adityawarman ini terbagi menjadi sepuluh macam jenis koleksi, meliputi geografika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, heraldika, filolo­gika, keramologika, seni rupa, dan teknalogika yang semuanya berkaitan dengan Sumatera Barat.

3. Miniatur Makkah


Setelah melihat legenda dan memahami kebudayaan Padang, kini kita menuju ke objek wisata religi di Padang yaitu Miniatur Mekah. Sesuai namanya ini adalah miniatur, sehingga ukurannya tidak luas seperti di tanah suci Mekah. Selain sebagai tempat wisata umum, miniatur mekah di Padang juga digunakan untuk manasik haji. Jika Anda tertarik, untuk menuju ke Miniatur Mekah Padang ini bisa menggunakan kendaraan pribadi, lalu arahkan kendaraan menuju simpang Lubuk Minturun, dengan jarak tempuh sekitar setengah jam dari pusat kota.

4. Air Terjun Sarasah


Tempat wisata di Padang selanjutnya adalah Air Terjun Sarasah Ulu Gadut atau yang disebut juga Air Terjun Sarasah Banyak Gariang. Lokasi air terjun ini berada di pedalaman hutan Bukit Sarasah, Desa Koto Baru, Ulu Gadut, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Air Terjun Sarasah merupakan air terjun bertingkat, yang konon katanya air terjun ini memiliki 7 tingkatan, namun wisatawan yang datang kebanyakan hanya sampai tingkat dua saja.

5. Pantai Nirwana


Selain pantai air manis, di Padang juga ada pantai lain yang dapat dikunjungi dan salah satunya adalah Pantai Nirwana. Pantai ini letaknya tidak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur, sekitar 15 km dari pusat Kota Padang. Di tepi Pantai Nirwana ini Anda bisa menyaksikan kapal-kapal yang bisa Anda sewa untuk berkeliling, sedangkan di sisi pantai lainnya ada pohon bakau.

6. Pantai Pasir Jambak


Selanjutnya adalah Pantai Pasir Jambak atau Pasie Jambak, ini merupakan salah satu objek wisata pantai yang ada di Padang. Pantai ini mempunyai garis pantai yang cukup panjang, dan tepian pantainya ditumbuhi pohon kelapa dan pinus. Lokasi pantai pasir jambak terletak di Kecamatan Koto Tengah, Kota Padang, sekitar 20 km dari pusat kota.

7. Pantai Padang


Pantai Padang atau yang disebut juga Pantai Taplau merupakan pantai yang berada di tengah Kota Padang. Dalam bahasa minang pantai taplau memiliki arti tepi laut. Pantai Padang membentang dari daerah Purus hingga muara Batang Arau. Pantai ini berjarak kurang lebih 23 km dari Bandar Udara Internasional Minangkabau atau 30 menit perjalanan darat dengan mobil.

8. Pulau Pagang


Hanya beberapa puluh kilometer dari daratan Kota Padang Anda bisa berwisata ke Pulau Pagang, salah satu pulau cantik yang ada di Sumatera Barat. Untuk menuju ke Pulau Pagang, pengunjung bisa sewa perahu dari pelabuhan teluk bungus,  lalu sekitar 40 menit akan tiba di pulau ini. Hamparan pantai berpasir putih serta deburan ombak yang tidak besar merupakan daya tarik utama pulau pagang.

9. Pulau Pasumpahan


Selain Pulau Pagang, ada juga Pulau Pasumpahan yang berjarak sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Sama seperti pulau sebelumnya, pantai di pulau pasumpahan juga berpasir putih disertai air laut yang jernih. Pulau Pasumpahan berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Anda hanya perlu sewa perahu dari Teluk Bungus.

10. Pulau Pamutusan


Satu lagi tempat wisata yang tidak jauh dari daratan Padang yaitu Pulau Pamutusan. Menurut cerita yang beredar, pulau ini diberi nama pamutusan karena terdapat semenanjung yang berubah menjadi daratan ketika air laut surut. Namun ketika air laut pasang daratan tersebut menghilang atau putus sehingga dinamakan pemutusan.

Itulah 10 tempat wisata yang ada di Padang, Sumatera Barat. Mudah-mudahan bisa memberi informasi bagi kalian semua yang akan berwisata ke Padang.

10 Tempat Wisata di Padang Yang Menggoda Untuk Dikunjungi - Wisata PADANG
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar