35 Tempat Wisata di Jogja | Tempat Menarik - Wisata Jogja

Tempat wisata di Jogja yang menawan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung, sehingga Jogja menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jogja adalah sebuah kota sekaligus provinsi di Indonesia yang bersifat khusus atau istimewa, wilayahnya terdiri dari 5 kabupaten dan 1 kota yang meliputi Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

Oleh karena itu, tempat wisata di Jogja ini menjadi sangat banyak, karena karena kami membahas semua wilayah yang mencakup seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut. Berikut ini adalah Tempat wisata yang ada di Jogja.

Tempat Wisata Candi di Jogja Yang Menarik

1. Candi Prambanan


Inilah tempat wisata di Jogja paling terkenal untuk Anda kunjungi, sebuah mahakarya mengagumkan kebudayaan Hindu dari abad ke-10 yang masih bisa Anda lihat wujudnya sampai sekarang. Berkeliling candi sambil mengagumi desain dan arsitekturnya yang cantik adalah aktifitas utama disini, namun sebelumnya pengunjung harus membayar tiket masuk seharga 30.000 Rupiah.

2. Kraton Ratu Boko


Dari Candi Prambanan jangan buru-buru kembali ke penginapan, karena masih ada Kraton Ratu Boko yang dapat Anda kunjungi. Kraton Ratu Boko ini bukan candi, melainkan reruntuhan sebuah istana Prabu Boko yang berasal dari cerita rakyat Roro Jonggrang. Karena letaknya yang berada di ketinggian, dari Ratu Boko ini pengunjung dapat melihat pemandangan Candi Prambanan serta area Boko Harjo dari atas.

3. Candi Ijo


Selain Ratu Boko ada juga Candi yang lebih tinggi lagi yaitu Candi Ijo. Candi ini berada di bukit dengan ketinggian 410 meter di atas permukaan laut. Dinamakan Candi Ijo bukan karena warna candinya yang berwarna hijau melainkan Candi ini berada di sebuah bukit yang bernama bukit hijau atau gumuk ijo. Karena letaknya ini, maka Anda tidak hanya bisa menikmati bangunan candi saja tetapi juga menikmati pemandangan di bawahnya.

Tempat Wisata Museum di Jogja

4. Museum Benteng Vredeburg


Benteng Vredeburg merupakan peninggalan bersejarah yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I. Dulunya berfungsi sebagai tempat Belanda untuk memata-matai Keraton Jogja. Sekarang Benteng ini telah berfungsi sebagai Museum yang didalamnya terdapat miniatur serta diorama mengenai perjuangan bangsa Indonesia. Jika Anda mencari tempat menarik di sekitar Malioboro, Benteng Vredeburg ini mungkin bisa jadi tujuan Anda karena letaknya yang tidak jauh.

5. De Mata Trick Art Museum


Kalau Museum yang satu ini lebih cocok bagi Anda yang suka selfie, karena kegiatan utama di sini adalah foto-foto. Namun selfie di Museum De Mata ini berbeda karena Anda bisa selfie dengan latar belakang yang unik dan tampak asli, Anda bisa berfoto di rahang ikan hiu, jalan di atas lahar gunung berapi, menahan semburan api naga serta masih banyak lagi lainnya. Untuk dapat melakukan aktivitas tersebut pengunjung harus merogoh kocek sebesar 40 ribu Rupiah.

6. Museum De Arca


Jika Museum De Mata mempunyai gambar 3D, Museum De Arca ini mempunyai koleksi patung tokoh-tokoh terkenal dari seluruh dunia. Di tempat ini Anda dapat mengambil foto bersama Mr.Bean, Jackie Chen, Indiana Jones, Michael Jackson, Albert Einstein, Kartini, Presiden Sukarno, Presiden Habibie hingga Presiden Suharto ada semuanya di sini, namun sebelum melakukan hal itu Anda harus merogoh kocek sebesar 50 ribu Rupiah.

7. Museum dan Monumen Jogja Kembali


Monumen Jogja Kembali ini dibangun untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia ketika ditariknya tentara pendudukan Belanda dari Ibu kota Yogyakarta pada tanggal 29 Juni 1949. Monumen yang berbentuk kerucut ini terdiri dari tiga lantai dan di dalamnya terdapat koleksi berupa foto, replika, dokumen serta senjata yang menggambarkan suasana perang.

Pada malam harinya Monumen Jogja Kembali ini akan berubah menjadi taman lampion yang penuh warna serta dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti boom-boom car, perahu dayung, sepeda tandem, serta lain sebagainya.

8. Museum Gunung Merapi


Untuk menambah pengetahunan mengenai gunungapi, pengunjung bisa datang ke Museum Gunung Merapi yang terletak di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman. Museum ini terdiri dari dua lantai dan memiliki bentuk yang unik dengan salah satu puncaknya berbentuk kerucut. Sedangkan di dalamnya pengunjung bisa melihat miniatur gunung merapi serta koleksi lainnya.

Tempat Wisata Hiburan dan Rekreasi di Jogja

9. Kebun Binatang Gembira Loka


Gembira Loka ini adalah tempat wisata di Jogja yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, sebab disini pengunjung tidak hanya disuguhkan aneka ragam satwa saja melainkan juga bisa menikmati wahana permainan yang tersedia. Ada satu hewan yang menurut kami cukup menarik untuk Anda lihat disini yaitu penguin yang berasal dari Afrika. Untuk dapat masuk ke kebun binatang gembira loka anda harus membayar tiket masuk sebesar 20 ribu pada senin-jumat dan 25 ribu pada sabtu-minggu.

10. Jogja Bay Pirates Adventure


Jogja Bay Ini adalah sebuah waterpark cukup besar di Jogja yang berlokasi di Kawasan Terpadu Maguwo City, Sleman Jogjakarta. Tempat wisata ini tergolong baru karena baru beberapa bulan dibuka untuk umum. Dengan tema bajak laut serta macam-macam wahana yang dimilikinya, waterpark di Jogja ini menetapkan harga tiket masuk sebesar 60 ribu Rupiah untuk anak-anak dan 90 ribu Rupiah untuk orang dewasa.

11. Kids Fun Park


Jika Anda mencari tempat wisata di Jogja untuk anak, Kids Fun Park bisa jadi tujuan Anda karena sebagian besar wahana permainan yang ada di sini dirancang khusus untuk anak dan tentunya aman. Namun hal itu bukan berarti tempat ini hanya bisa dinikmati oleh anak-anak saja karena ada juga wahana bermain untuk remaja. Lokasi kids fun park terletak di Jl. Wonosari Km 10 Sitimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta.

12. Grand Puri Waterpark


Grand Puri Waterpark terletak di Jalan Parangtritis KM 9,5, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Jogja atau lebih tepatnya di depan Pasar Seni Gabusan. Waterpark ini bisa jadi pilihan wisata bagi Anda yang tinggal dekat daerah tersebut. Dengan membayar tiket masuk seharga 25 ribu Rupiah hari biasa dan 35 ribu Rupiah pada hari libur Anda sudah bisa menikmati Grand Puri Waterpark ini.

Wisata Pantai di Jogja

13. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis adalah pantai berpasir hitam yang cukup populer di Jogja dan merupakan salah satu tujuan utama bagi sebagian masyarakat jogja untuk menghabiskan masa liburnya. Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan di pantai ini diantaranya adalah naik kuda, naik ATV, menikimati senja sampai melihat air terjun pantai parangtritis yang terdapat di sebelah timur pantai.

14. Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti terletak di Gunungkidul yang masih menjadi bagian Daerah Istimewa Yogyakarta, pantai ini aslinya bernama Pantai Pulang Syawal, namun mungkin kurang bagus jadi nama pantai ini berubah menjadi pantai indrayanti. Menuju ke pantai ini cukup memakan waktu, dari Kota Jogja berjarak kurang lebih 2 jam.

15. Pantai Timang


Pantai Timang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai di Jogja lainnya yaitu dengan adanya sebuah gondola sederhana yang menghubungkan pantai timang dengan pulau watu panjang yang ada di depannya. Gondola ini merupakan buatan warga setempat sebagai sarana untuk mencari lobster. Namun menurut beberapa sumber para wisatawan yang berani juga bisa mencoba naik gondola ini dengan membayar sejumlah uang.

16. Pantai Siung


Tak kalah menarik dengan pantai sebelumnya, Pantai Siung juga mempunyai kelebihan tersendiri yakni dengan adanya ratusan jalur panjat tebing yang masing-masing mempunyai tingkat kesulitan tersendiri. Bagi para pemanjat tebing hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri. Namun bagi anda yang bukan pemanjat tebing, Anda pun masih bisa menikmati keindahan pantai siung ini.

17. Pantai Sadranan


Pantai Sadranan yang berada di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, sangat layak menjadi tujuan wisata Anda di Jogja. Karena selain mempunyai pasir putih dan air laut yang jernih, pemandangan bawah laut di Pantai Sadranan juga bisa anda lihat dengan melakukan snorkeling. Aktivitas snorkeling di Pantai Sadranan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

18. Pantai Nglambor


Selain Pantai Sadranan, Anda pun bisa mengunjungi Pantai Nglambor untuk melakukan snorkeling. Pantai ini terletak di Kecamatan Tepus, Gunungkidul atau berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Jogja. Pantai Nglambor ini berbatasan langsung dengan samudera hindia yang dikenal memiliki ombak cukup besar, namun karena ada dua batu karang di depannya, ombak itu pun mulai mengecil ketika sampai di tepi pantai.

19. Pantai Jogan


Pantai Jogan memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lain di Jogja, yakni terdapatnya sebuah air terjun di bibir pantai yang airnya langsung terjun ke laut. Lokasi pantai jogan ini berada tidak jauh dari Pantai Siung tepatnya berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

Wisata Alam di Jogja

20. Kebun Buah Mangunan


Kebun Buah Mangunan terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Jogjakarta. Meskipun namanya kebun buah, tetapi daya tarik tempat ini bukanlah hal tersebut, melainkan pemandangan alam dari gardu pandang yang dibawahnya terdapat hutan dan sungai oya yang meliuk-liuk.

21. Puncak Kosakora


Puncak Kosakora adalah sebuah bukit hasil fenomena eksokarst lain di Gunungkidul yang berada dalam satu garis dengan deretan pantai-pantai di Gunungkidul. Lokasinya berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari atau di sebelah timur Pantai Drini. Daya tarik yang ditawarkan dari tempat ini adalah melihat panorama laut lepas dari bukit tinggi.

21. Air Terjun Sri Gethuk


Selain pantai-pantainya yang banyak, Daerah Istimewa Yogyakarta juga mempunyai air terjun yang indah untuk dikunjungi dan salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk yang berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Air terjun ini mengalir dari tebing setinggi puluhan meter, dibawahnya terdapat bebatuan dan menjadi tempat yang asyik untuk bermain air.

22. Goa Pindul


Goa Pindul adalah sebuah gua yang dialiri aliran sungai bawah tanah yang dimanfaatkan menjadi tempat wisata seru sekaligus menyenangkan di Jogja. Di sini Anda akan diajak menelusuri goa tersebut dengan menggunakan pelampung atau ban dalam yang pasti cukup mengasyikan untuk menghabiskan masa libur Anda di Jogja. Jika Anda ingin ke sini, lokasi Goa Pindul ini berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

23. Goa Kalisuci


Selain Goa Pindul ada juga pilihan lain untuk melakukan cave tubing di Jogja yaitu Goa Kalisuci, lokasinya ada di Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Jogjakarta. Kedua cave tubing tersebut sama-sama menarik hanya saja ketika aliran air sedang deras, goa kalisuci akan ditutup untuk keamanan para wisatawan.

24. Kedung Pedut


Kedung Pedut adalah sebuah air terjun yang dibawahnya terdapat sebuah kolam dengan air jernih sehingga banyak yang menyebutnya sebagai waterpark alami. Lokasi objek wisata ini terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Dinamakan kedung pedut karena masyarakat jawa menyebut kolam seperti ini dengan sebutan kedung.

25. Embung Nglanggeran


Embung Nglanggeran ini adalah sebuah telaga buatan yang berfungsi sebagai pengairan kebun buah di sekitarnya. Lokasinya terletak di kawasan gunung api purba nglanggeran, tepatnya di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Jogjakarta. Di embung ini pengunjung dilarang mandi atau naik sampan karena daya tarik dari tempat ini adalah pemandangannya.

26. Bukit Watu Lumbung Jogja


Bukit Watu Lumbung adalah tempat wisata di Jogja yang memadukan antara wisata edukasi, wisata alam, serta wisata kuliner. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis, hanya berjarak 4 km saja. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati santapan kuliner dari tempat tinggi sambil menikmati pemandangan alam pesisir selatan Jogja dari ketinggian, sedangkan nilai edukasi di tempat ini karena adanya perpustakaan sederhana dengan pilihan buku yang bisa dibaca pengunjung.

27. Goa Jomblang


Goa Jomblang yang terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul ini sangat cocok bagi yang menyukai petualangan dan wisata adrenalin, sebab untuk bisa menjelajahi keindahan di dalamnya pengunjung harus turun dengan tali menggunakan single rope technique (SRT) serta peralatan keamanan standar untuk susur gua. Daya tarik dari Goa Jomblang yang sekaligus menjadi tujuan utama para pengunjung disini adalah luweng grubug, sebuah lubang besar dalam goa yang indah ketika sinar matahari menerobos masuk ke dalam.

28. Kalibiru


Kalibiru adalah sebuah Desa Wisata di Jogja yang menawarkan panorama alam dari tempat tinggi, dimana Anda bisa memandang hijaunya pegunungan menoreh serta waduk sermo yang sangat memanjakan mata. Di sini terdapat sebuah menara pandang di atas pohon yang biasa dijadikan tempat selfie sekaligus mendapat pandangan yang lebih tinggi, namun pengunjung harus mengeluarkan biaya tambahan untuk naik ke gardu pandang tersebut. Lokasi Kalibiru ini terletak di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Tempat Wisata di Jogja Lainnya

29. Keraton Jogja


Jalan-jalan ke Jogja tentunya belum lengkap jika tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta yang merupakan bangunan bersejarah sekaligus tempat tinggal kerajaan. Sebab di sini Anda bisa berkeliling ke setiap sudut keraton sambil melihat koleksi barang-barang bersejarah yang dimilikinya. Untuk bisa masuk ke keraton jogja ini cukup terjangkau, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga 5 ribu Rupiah.

30. Alun-Alun Kidul Jogjakarta


Setelah berkeliling keraton Anda bisa mendatangi Alun-Alun Kidul (Selatan) yang terletak di belakang Keraton Yogyakarta, yang menarik dari tempat ini adalah adanya permainan Masangin yang merupakan singkatan dari masuk dua beringin. Dalam permainan ini Anda hanya perlu menutup mata, lalu berjalan beberapa meter sampai dua pohon beringin yang ada di sana. Sekilas permainan ini tampak mudah, namun banyak juga yang tidak berhasil melaluinya.

31. Taman Pintar


Taman Pintar adalah tempat rekreasi edukatif yang terletak di pusat kota Jogjakarta yang di dalamnya terdapat alat-alat peraga dan informasi mengenai ilmu pengetahuan. Lokasinya terletak di pusat kota Jogja sehingga mudah dijangkau. Taman Pintar ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu gedung memorabilia, gedung oval, gedung kotak, planetarium dan gedung paud. Untuk bisa masuk ke sini pengunjung harus membayar tiket masuk seharga 18 ribu untuk orang dewasa dan 10 ribu untuk anak-anak.

32. Lava Tour


Ingin menjelajahi gunung merapi yang Ada di Jogja? Mungkin Anda bisa mencoba mengikuti Lava Tour dengan jeep merapi, tersedia berbagai macam paket yang tersedia untuk Anda mulai dari harga 350 ribu sampai 600 ribu Rupiah untuk 4 orang. Disini Anda akan berangkat dari Kaliurang kemudian mengunjungi tempat-tempat menarik yang ada di sekitar Gunung Merapi.

33. Kawasan Maliboro


Malioboro ini adalah nama jalan di Kota Jogja yang berkembang pesat menjadi denyut nadi perdagangan dan pusat belanja di Jogjakarta, disini Anda bisa membeli aneka barang yang diinginkan mulai dari batik, emas, hingga peralatan rumah tangga selain itu ada juga aneka cinderamata khas Jogja yang bisa anda bawa pulang untuk oleh-oleh nanti.

34. Bukit Bintang


Setelah menikmati pantai-pantai yang ada di Gunungkidul, mungkin Anda bisa mampir ke Bukit Bintang. Ini adalah salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang berada di atas bukit, jadi sambil menikmati malam, Anda pun akan ditemani oleh hidangan warung-warung pinggir jalan yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman ditambah gemerlapnya lampu Kota Jogja yang ada di bawahnya bagaikan bintang.

35. Istana Air Taman Sari


Selain Keraton Jogjakarta, bangunan lain peninggalan raja Jogja pertama, Sri Sultan Hamengku Buwono I, yang masih dapat kita nikmati sampai saat ini adalah Istana Air Taman Sari. Menurut berbagai sumber, Istana ini dibangun tahun 1758 oleh Sultan Hamengkubuwono I sebagai  rumah peristirahatan bagi keluarga kerajaan. Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Keraton, tempat ini bisa jadi pilihan Anda untuk berkeliling Kota Jogja.

35 Tempat Wisata di Jogja | Tempat Menarik - Wisata Jogja
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar