28 Tempat Wisata di Pulau Bali Berdasarkan Kabupaten - Wisata BALI

Bali merupakan sebuah Pulau yang berada di sebelah timur Jawa. Pulau ini bisa dicapai melalui transportasi laut maupun udara. Bali adalah primadona pariwisata di Indonesia, namanya sudah sangat tersohor di mancanegara, maka tidak heran jika Anda banyak melihat turis-turis asing berseliweran di sana. Bali tidak cuma mempunyai pantai-pantai yang indah, tetapi di Bali banyak juga tempat wisata yang menarik seperti berikut ini.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Badung"

1. Pura Luhur Uluwatu


Ini adalah pura yang cukup banyak dikunjungi wisatawan di Bali, merupakan salah satu dari enam pura di Bali yang berstatus Sad Kahyangan. Pura Uluwatu letaknya berada di atas anjungan batu karang yang terjal dengan ketinggian 97 meter di atas permukaan laut, sehingga menawarkan pemandangan alam yang eksotis untuk dilihat.

Yang Lainnya: 14 Tempat Wisata di Pulau Lombok

2. Pura Taman Ayun


Selain Pura Uluwatu, ada lagi Pura Taman Ayun yang bisa jadi tujuan wisata Anda di Bali. Ini adalah pura peninggalan kerajaan Mengwi yang dibangun pada tahun 1632 M. Pura ini masih terjaga baik dan tertata rapi, di sekelilingnya terdapat taman yang hijau serta kolam, selain itu pura ini juga sudah dilengkapi gazebo untuk istirahat pengunjung.

3. Pantai Kuta


Ini adalah pantai yang sudah sering Anda dengar namanya, letaknya ada di Kabupaten Badung dengan jarak sekitar 10 km dari Denpasar. Pantai Kuta ini sudah sangat tersohor namanya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga munculah ucapan, "Belum lengkap ke Bali jika tidak berkunjung ke Pantai Kuta".

4. Tanjung Benoa


Bagi yang ingin menikmati wahana permainan air di Bali, Anda bisa datang ke Tanjung Benoa. Disini tersedia berbagai permainan pantai yang bisa Anda mainkan mulai dari banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, sampai snorkeling. Jika masih belum puas, Anda bisa mengunjungi pulau penyu dengan menggunakan glass bottom boat.

5. Monkey Forest Sangeh


Sesuai dengan namanya ini adalah hutan pala seluas kurang lebih 10 hektar yang berisi ratusan kera ekor panjang. Diyakini kera-kera penghuni hutan Sangeh ini merupakan jelmaan dari prajurit kera yang kelelahan di dalam pertempuran mambunuh Rahwana, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa kera tersebut merupakan jelmaan dari seorang putri.

6. Pantai Pandawa


Pantai Pandawa adalah salah satu destinasi pantai unggulan dari Kabupaten Badung, dahulu pantai ini merupakan yang tersembunyi sehingga hanya beberapa orang saja yang bisa mengunjunginya, namun pantai pandawa sekarang tidak lagi tersembunyi karena sudah dibuat jalan yang memudahkan pengunjung untuk mendatangi Pantai Pandawa. Letak Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta selatan.

7. Nusa Dua


Ini adalah kawasan wisata yang berada di Ujung Tenggara Pulau Bali, dimana terdapat fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari hotel, restoran, bar, hingga pertokoan. Selain itu hamparan pasir pantai dan birunya laut juga terdapat di Nusa Dua mulai dari Pantai Geger sampai Pantai Sawangan yang menawarkan wisata camel safari atau naik unta.

8. Air Terjun Nung-Nung


Ini adalah objek wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi di Badung, letaknya ada di Desa Plaga Kecamatan Petang. Air Terjun Nungnung mempunyai ketinggian sekitar 50 meter dengan debit air yang cukup besar, air terjun ini dikelilingi pepohonan yang hijau sehingga membuat suasana disekitarnya sejuk dan segar.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Bangli"

9. Gunung Batur


Bagi Anda yang ingin menikmati matahari terbit dari puncak gunung di Bali, Anda bisa menuju ke daerah Kintamani di Kabupaten Bangli, di sana ada Gunung Batur yang mempunyai ketinggian 1.717 meter di atas permukaan laut. Mendaki ke puncak Gunung Batur diperlukan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan jadi untuk melihat sunrise, Anda harus memulai perjalanan pagi-pagi sekali.

10. Penelokan Kintamani


Untuk melihat pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur, wisatawan bisa mengunjungi Penelokan yang terletak di Kintamani. Ini merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan indahnya perpaduan danau dan gunung tersebut karena letaknya yang berada di dataran tinggi sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

11. Desa Trunyan


Ini adalah Desa Wisata di Bali yang mempunyai tradisi unik dan masih dipertahankan secara turun-temurun, jika di Bali biasanya prosesi pemakaman dikubur atau dibakar tetapi Desa Trunyan ini tidak. Orang meninggal di Desa Trunyan akan dibungkus kain kafan lalu ditaruh di atas tanah begitu saja, uniknya mayat tersebut tidak berbau karena sudah dinetralisir oleh pohon menyan di sana. Untuk menuju ke Desa Terunyan Anda bisa menuju ke dermaga yang ada di pinggir Danau Batur.

12. Toya Bungkah


Ini adalah tempat mandi air panas di Bali yang juga terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, letaknya ada di pinggir danau batur sehingga sambil mandi air panas pengunjung akan mendapatkan bonus pemandangan indah. Air panas toya bungkah menurut beberapa sumber berasal dari Gunung Batur sehingga alami dan menyehatkan.

13. Pura Ulun Danu Batur


Ada dua buah pura di Bali yang bernama Pura Ulun Danu tapi kalau yang di Kabupaten Bangli ini namanya adalah Pura Ulun Danu Batur. Menurut beberapa sumber ini adalah pura yang dianggap penting di Bali setelah Pura Besakih dan nenjadi tempat ibadah bagi lima puluh desa di sekitarnya. Selain menjadi tempat ibadah pura ulun danu batur juga terbuka bagi wisatawan.

14. Air Terjun Pengibul


Air Terjun Pengibul kabarnya merupakan temat wisata yang baru dibuka di Bali, lokasinya ada di kawasan Desa Apuan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, kurang lebih 1 km dari Air Terjun Tibumana. Air terjun pengibul adalah air terjun dua tingkat yang tingkat pertamanya lebih tinggi dari pada yang kedua.

15. Desa Penglipuran


Penglipuran adalah Desa adat di Bali yang masih memegang teguh budayanya, letaknya ada di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli. Desa ini semakin terkenal ketika menjadi lokasi syuting FTV. Di sini Anda bisa melihat bagaimana rumah-rumah tradisional Bali tertata dengan baik, rapih dan didukung dengan lingkungan yang asri.

Tempat Wisata di Bali " Kabupaten Buleleng"

16. Air Terjun Gitgit


Air terjun ini disebut juga air terjun kembar atau campuhan karena memiliki dua aliran air terjun, letaknya ada di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng atau sekitar 11 km ke arah selatan dari Singaraja. Menuju ke lokasi Air terjun ini sangat mudah karena adanya papan keterangan menuju ke air terjun. Namun setelah itu pwngunjung harus jalan kaki untuk benar-benar sampai di lokasi.

17. Pulau Menjangan


Pulau Menjangan adalah tempat wiaata di Bali yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Bali Baray, Pulai Menjangan ini sangat terkenal sekali dengan pemandangan bawah lautnya yang merupakan spot snorkeling dan diving cukup bagus di Bali. Untuk menuju ke Pulau Menjangan bisa melalui pelabuhan Gilimanuk dengan waktu tempuh sekitar 30 menit sampai 1 jam.

18. Pantai Lovina


Pantai yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, yup! Pantai Lovina adalah tempat wisata di Bali yang menawarkan pemandangan lumba-lumba di laut lepas, dengan menggunakan Jukung anda akan berangkat menuju ke tengah laut untuk melihat sekawanan lumba-lumba yang berenang dengan bebas. Hal tersebut adalah daya tarik tersendiri bagi Pantai Lovina.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Gianyar"

19. Bali Safari & Marine Park


Bali Safari Marine Park ini adalah Taman Safari Indonesia yang ke-3 setelah Bogor dan Pasuruan. Sama seperti dua yang lainnya, ini merupakan tempat konservasi yang sekaligus menjadi objek wisata. Disana terdapat aneka satwa yang bisa pengunjung lihat, untuk masuk ke Taman Safari Bali ini pengunjung domestik dikenakan biaya masuk seharga Rp. 150.000 per orang.

20. Bali Zoo Park


Tempat wisata di Bali berikutnya masih kebun binatang dengan nama Bali Zoo Park, lokasinya terletak di Jalan Singapadu, Sukawati, Gianyar, Bali. Sebenarnya satwa yang ada di sini sama saja seperti di kebun binatang lainnya, namun di sini terdapat area untuk memberi makan hewan sehingga pengunjung anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan satwa di sana.

21. Ubud Monkey Forest


Ubud Monkey Forest merupakan sebuah hutan cagar alam yang juga menjadi objek wisata, daya tarik dari hutan ini adalah terdapatnya kera-kera ekor panjang yang dibiarkan berkeliaran. Tempat wisata di Bali ini cukup terkenal dan menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke Bali, letaknya ada di Jalan Monkey Forest, Ubud, Gianyar.

22. Rafting Sungai Ayung


Di Kabupaten Gianyar ada sebuah sungai yang cocok untuk aktivitas arung jeram. Nama sungainya adalah sungai Ayung, oleh karena itu rafting di sungai Ayung lebih dikenal dengan nama Ayung rafting. Mencoba arung jeram di Sungai Ayung Bali ini bisa jadi alternatif lain untuk keseruan Anda berwisata di Bali selain pantai atau air terjun.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Jembrana"

23. Pura Rambut Siwi


Pura Rambut Siwi terletak di Kabupaten Jembrana, sekitar 17 km dari Kota Negara yang merupakan Ibu Kota dari Jembrana. Pura ini di beri nama Pura Rambut Siwi, karena ketika Danghyang Dwijendra melakukan perjalanan melalui pura ini, beliau memberikan rambutnya untuk disimpan sehingga dinamakan pura rambut siwi.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Karangasem"

24. Pura Agung Besakih


Ini adalah pura yang cukup terkenal dikunjungi di Bali, letaknya ada di Kabupaten Karangasem. Pura Agung Besakih ini namanya diambil dari desa dimana pura ini berada yang berasal dari kata wasuki yang berarti selamat serta didasari pula oleh mithologi Naga Basuki sebagai penyeimbang Gunung Mandara.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Klungkung"

25. Nusa Lembongan & Nusa Ceningan


Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan adalah pulau yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali dan secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Klungkung. Kedua Pulau ini bisa menjadi pilihan lain bagi Anda yang ingin liburan di Bali, dengan daya tarik pantai-pantainya yang indah dan juga beberapa spot snorkelingnya. Jika ingin ke Nusa Lembongan Anda bisa sewa perahu dari Sanur, sedangkan untuk berkeliling pulau Anda bisa sewa motor.

26. Nusa Penida


Selain Nusa Lembongan dan Ceningan, di dekat Bali juga ada pulau yang sangat indah untuk dikunjungi yaitu Pulau Nusa Penida, pulau nusa penida merupakan yang paling besar diantara ketiga pulau tersebut dengan daya tarik yang hampir sama yaitu wisata baharinya.

Tempat Wisata di Bali "Kabupaten Tabanan"

27. Pura Ulun Danu Beratan


Selain Pura Ulun Danu Batur, ada juga pura ulun danu beratan yang letaknya berada di Kabupaten Tabanan. Pura Ulun Danu Beratan adalah sebuah pura yang letaknya berada di atas Danau Beratan, lokasi tepatnya ada di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

28. Pura Tanah Lot


Tanah Lot adalah tempat wisata di Bali paling terkenal dan merupakan salah satu tujuan wisatawan dalam menghabiskan masa liburnya di Bali. Lokasinya terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Pura Tanah Lot ini memiliki keunikan tersendiri karena posisinya yang berada beberapa ratus meter dari bibir pantai, dengan keunikannya ini Pura Tanah Lot cukup banyak dikunjungi wisatawan.

Demikianlah 28 tempat wisata di Bali yang bisa Anda tuju semoga bisa membantu Anda dalam mencari tempat wisata di Bali.


28 Tempat Wisata di Pulau Bali Berdasarkan Kabupaten - Wisata BALI
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar