10 Tempat Wisata di Bondowoso Yang Luar Biasa Indah - Wisata BONDOWOSO

Tempat wisata di Bondowoso menghadirkan pesona alam pegunungan dan perbukitan yang luar biasa indah, Anda dapat mengunjungi kawah ijen yang sudah terkenal sampai ke mancanegara atau sejumlah air terjun yang unik di Bondowoso. Tidak hanya itu saja, objek wisata di Bondowoso juga menghadirkan tantangan tersendiri bagi wisatawan karena disana ada gunung raung untuk para pendaki dan sungai sampean untuk diarungi. Inilah ke 10 tempat wisata di Bondowoso tersebut.

1. Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang berada di puncak Gunung Ijen. Keindahan Kawah ini telah membuatnya menjadi objek wisata alam yang paling dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di Kawah Ijen pengunjung bisa menikmati danau kawah berwarna hijau kebiruan ditambah kabut asap belerang yang mempesona, sedangkan di malam hari pengunjung dapat melihat fenomena alam api biru di kawah ijen.

2. Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso

Air Terjun Tancak Kembar memiliki dua aliran air terjun yang mengalir dari tebing berketinggian 77 meter, oleh karenanya air terjun ini disebut kembar, sedangkan kata tancak berasal dari bahasa Madura yang berarti air terjun. Salah satu tempat wisata di Bondowoso ini letaknya berada di kawasan hutan lindung yang berketinggian 900 mdpl, lokasi tepatnya di Desa Andungsari Kecamatan Pakem.

3. Air Terjun Blawan Bondowoso

Air terjun Blawan terletak di desa kalianyar kecamatan sempol kabupaten Bondowoso, merupakan lanjutan dari sungai kali pahit yang menjadi tempat pembuangan air atau rembesan dari kawah ijen. Aliran air terjun blawan ini cukup deras dan airnya berwarna kecoklatan karena mengandung belerang. Pengunjung tidak bisa bermain air di sini, karena keindahan Air Terjun Belawan hanya bisa dinikmati dari bibir tebing saja.

4. Kawah Wurung Bondowoso

Selain Kawah Ijen, Bondowoso juga mempunyai objek wisata lainnya yakni Kawah Wurung yang berlokasi di Desa Jampit Kecamatan Sempol. Kawah Wurung ini bukan kawah sesungguhnya seperti kawah ijen, melainkan hamparan sabana terbuka dengan kontur berbukit-bukit yang sebagian besar ditumbuhi oleh rerumputan. Nama kawah wurung ini berasal dari kondisinya yang menyerupai kawah yang tidak jadi, dalam bahasa Jawa Wurung berarti tidak jadi.

5. Air Terjun Pulo Agung Bondowoso

Namanya air terjun pulo agung namun ada juga yang menyebutnya air terjun polo agung, entah mana yang benar yang pasti air terjun ini bisa menjadi alternatif wisata Anda di Bondowoso. Air terjun ini letaknya berada di Desa Sukorejo Kecamatan Sumber Wringin, memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter.

6. Arung Jeram Sungai Sampean Bondowoso

Pilihan lain berwisata di Bondowoso adalah dengan melakukan arung jeram di sungai sampean yang diberi nama bosamba rafting. Tempat ini berlokasi di desa Tamankrocok, kecamatan Wonosari. Di sana sudah tersedia instruktur yang siap mendampingi para peserta arung jeram untuk mengarungi Sungai Sampean Baru.

7. Betoh So'on Solor Bondowoso

Jika Inggris punya Stonehenge maka di Indonesia ada Betoh So'on atau Batu Solor yang letaknya berada di Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Bebatuan yang tersusun rapih tersebut diduga berasal dari zaman megalitikum, namun kepastian akan hal tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut. Selain Batu Solor, disana juga terdapat air terjun yang cukup menarik untuk dikunjungi.

8. Mendaki Gunung Raung Bondowoso

Bagi wisatawan yang menggemari pendakian, gunung raung di Bondowoso bisa jadi objek wisata yang menarik dan menantang karena Gunung Raung ini dikenal memiliki medan pendakian yang tidak mudah. Gunung Raung  memiliki ketinggian 3332 mdpl, termasuk gunungapi tua dengan kaldera di puncaknya yang dikelilingi oleh banyak puncak kecil. Ada beberapa jalur pendakian nenuju puncak gunung raung yaitu melalui Desa Sumberwringin, Kalibaru dan Glenmore.

9. Air Terjun Gentongan

Air Terjun Gentongan berada tidak jauh dari kawasan wisata kawah ijen, tepatnya di Afdeling Watu Capil Desa Kalianyar Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso. Air terjun gentongan ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan aliran airnya juga mengandung belerang karena merupakan rembesan dari Kawah Ijen.

10. Air Terjun Busa Margahayu

Air Terjun Busa Margahayu letaknya dekat dengan Air Terjun Gentongan dan sumber airnya berasal dari satu aliran yang sama. Air terjun ini mengandung belerang, airnya yang jatuh dari ketinggian membentuk gumpalan busa dibawahnya, mungkin inilah yang menjadi penyebab air terjun ini dinamakan air terjun busa.


10 Tempat Wisata di Bondowoso Yang Luar Biasa Indah - Wisata BONDOWOSO
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar