9 Tempat Wisata di Mojokerto Untuk Mengisi Hari Libur Anda

Mojokerto berada di Pulau Jawa, masuk ke dalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Timur. Di Mojokerto terdapat berbagai pilihan jenis pariwisata yang dapat Anda temui, sebagai alternatif untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta, mulai dari wisata alam hingga tempat wisata bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit ada di Mojokerto.

1. Waterland


Sesuai dengan namanya, Waterland adalah sebuah kolam renang di Mojokerto yang beralamat di Jl. Bypass mojokerto km 54 Jampirogo, Sooko. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau yaitu Rp. 20.000 weekday dan Rp. 25.000 weekend, pengunjung sudah dapat menikmati liburan bersama keluarga yang menyenangkan.

2. Air Terjun Dlundung


Air Terjun Dlundung terletak di lereng Gunung Welirang, tepatnya di Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Kawasan air terjun Dlundung ini sudah dilengkapi dengan bumi perkemahan dan warung-warung yang siap melayani para pengunjung. Nuansa alam nan sejuk dan panorama pegunungan yang indah menjadi daya tarik tersendiri.

3. Air Terjun Coban Canggu


Air terjun coban canggu, sebuah wana wisata alam yang terletak di desa Padusan Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini mempunyai ketinggian 70 meter, letaknya berada di lereng gunung welirang di ketinggian 800 mdpl. Untuk menuju lokasi pengunjung harus jalan sekitar 1 kilometer, lalu menuruni puluhan anak tangga yang cukup curam.

4. Air Terjun Grenjengan


Selain dua air terjun tadi, Anda pun dapat berkunjung ke Air Terjun Grenjengan yang juga berada di daerah Pacet. Menuju ke air terjun tidak terlalu sulit, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat. Setelah sampai di pintu masuk, jalan sedikit kurang lebih 1 kilometer hingga sampai air terjun. Selain air terjun di sini juga terdapat pemandian air panas padusan.

5. Pemandian Air Panas Ubalan


Tak hanya pemandian air panas padusan saja yang ada di Pacet Mojokerto, tetapi juga Pemandian Air Panas Ubalan, tempat wisata di Mojokerto ini cukup murah dan bisa menjadi alternatif Anda untuk melepaskan letih dan penat setelah sekian lama terjebak dalam rutinitas. Jika anda membawa anak-anak tak perlu khawatir karena disana ada tempat bermain serta danau buatan lengkap dengan persewaan sepeda airnya.

6. Maha Vihara Mojopahit


Maha Vihara Mojopahit, sebuah buddhist center yang terletak di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan. Bangunan utama di Maha Vihara Mojopahit ini bercorak khas Jawa dan beratap joglo. Selain itu ada juga Rupang sleeping buddha dengan ukuran panjang 22 m, lebar 6 m dan tinggi 4,5 m. Rupang ini adalah yang terbesar di Indonesia dan ketiga di dunia.

7. Candi Wringin Lawang


Candi Wringinlawang terletak di Dusun Wringin Lawang, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan. Candi ini berbentuk gapura dan keseluruhan bangunannya terbuat dari batu bata dengan arah menghadap timur barat. Candi Wringin Lawang ini diduga merupakan gapura menuju salah satu kompleks bangunan yang berada di kota Majapahit.

8. Candi Brahu


Masih di kawasan situs arkeologi Trowulan terdapat Candi Brahu, lokasi tepatnya di Dukuh Jambu Mente, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan. Candi Brahu dibangun dengan batu bata merah, menghadap ke arah barat dan berukuran panjang sekitar 22,5 m, dengan lebar 18 m, dan berketinggian 20 meter.

9. Gapura Bajangratu


Gapura Bajangratu ini juga merupakan peninggalan Majapahit yang ada di Mojokerto, lokasinya terletak di Dukuh Kraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan sekitar 600 meter dari Candi Tikus. Gapura Bajangratu berbentuk paduraksa (gapura beratap), diduga berfungsi sebagai pintu menuju ke suatu bangunan suci, tempat perabuan Prabu Jayanegara.

9 Tempat Wisata di Mojokerto Untuk Mengisi Hari Libur Anda
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar