6 Tempat Wisata di Tuban Ini Cukup Rekomended Untuk Dijunjungi - Wisata TUBAN

Tuban terletak di Pantai Utara Pulau Jawa, merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan sebutan kota wali. Sebutan Tuban sebagai Kota Wali tersebut tentunya beralasan dikarenakan Tuban menjadi salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam.

Sejumlah tempat wisata di Tuban sungguh menarik untuk dinikmati, mulai dari goa, pantai sampai air terjun ada di Tuban. Namun tidak hanya itu saja, di sana Anda juga dapat mengunjungi makam wali yang menurut pemerintah Kabupaten Tuban cukup banyak dikunjungi para wisatawan.

1. Goa Akbar Tuban


Tempat wisata di Tuban ini berada di Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, merupakan sebuah goa alam dengan kisah religi tersimpan di dalamnya. Menurut ceritanya, nama Goa Akbar di Tuban ini berasal dari Sunan Bonang yang terpesona dengan goa ini hingga beliau seketika berucap "Allahu Akbar". Sejak saat itulah goa yang terletak di tengah Kota Tuban itu disebut Goa Akbar.

Sebagai objek wisata, Goa Akbar ini telah dilengkapi dengan fasilitas berupa jalan dengan pagar pembatas, selain itu juga sudah terdapat lampu penerangan yang menghiasi setiap sudut goa, sehingga pengunjung yang datang akan dengan mudah menikmati Goa Akbar ini.

2. Pantai Boom Tuban


Selain goa, wisatawan yang berkunjung ke Tuban juga akan disuguhkan pemandangan pantai dan salah satunya adalah Pantai Boom. Pantai ini terletak di sebelah utara Alun-Alun Tuban, tepatnya di Kelurahan Kutorejo. Pantai Boom termasuk tempat bersejarah di Tuban karena pada zaman majapahit tempat ini digunakan sebagai pelabuhan. Sekarang Pantai Boom ini telah berubah menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Para pengunjung dapat menikmati panorama pantai melalui sebuah jalan yang menjorok ke laut.

3. Pantai Sowan Tuban


Pantai Sowan berada dalam kawasan wana wisata pantai sowan, merupakan pantai yang masih alami berpadu dengan hutan subur nan hijau yang mengelilinginya. Pantai Sowan ini berada di ujung paling barat Kabupaten Tuban. Nama Pantainya diambil dari nama sebuah dusun yang menjadi lokasi pantai ini yaitu Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar.

4. Pantai Remen Tuban


Satu lagi pantai di Tuban yang dapat dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Remen. Pantai ini dikenal memiliki hamparan pasir berwarna putih, agak berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Tuban. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Remen, pantai ini lokasinya berada di Desa Remen Kecamatan Jenu sekitar 20 km dari Kota Tuban.

 

5. Air Terjun Nglirip Tuban


Terletak di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, terdapat sebuah air terjun Nglirip dengan ketinggian 30 meter dan lebar 28 meter. Tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk mengunjungi air terjun ini karena letaknya cukup dekat dari jalan raya. Pesona air terjun nglirip tidak perlu diragukan lagi, airnya yang jernih mengalir melalui tebing menuju ke sebuah kolam dibawahnya yang berwarna hijau tosca.

6. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Tuban


Masjid Aschabul Kahfi adalah masjid yang cukup unik di Tuban, karena masjid ini berada di dalam goa alias perut bumi. Ide pembuatan masjid ini dicetuskan KH Subhan sebagai pimpinan Pondok Pesantren Aschabul Kahfi. Di masjid dalam goa ini masih terdapat stalagtit dan stalagmit yang bisa dilihat pengunjung, hanya saja tidak meneteskan air karena sudah mengering. Lokasi masjid perut bumi Tuban ini berada di Dusun Wire, Kel. Gedongombo, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

6 Tempat Wisata di Tuban Ini Cukup Rekomended Untuk Dijunjungi - Wisata TUBAN
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar