5 Tempat Wisata di Situbondo Yang Menarik Untuk Dikunjungi Para Pelancong

Situbondo terletak di pesisir utara pulau jawa tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Jika Anda pernah mendengar nama jalan raya Anyer-Panarukan yang dibangun oleh Deandels pada masa kolonial Belanda maka di Situbondo-lah jalan tersebut berakhir.

Dengan mottonya "east side of paradise" Situbondo menawarkan sejumlah tempat wisata yang menarik untuk disinggahi para pelancong mulai dari pantai, pegunungan hingga taman nasional yang disebut sebagai little Africa in Java ada di Situbondo.

1. Pantai Pasir Putih Situbondo


Pantai Pasir Putih, itulah nama salah satu pantai di Situbondo yang cukup terkenal. Pantai ini berbentuk melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk objek pemandangan yang indah. Ombaknya yang tenang cukup aman untuk digunakan berenang, disana tersedia penyewaan ban serta perahu layar yang menambah keasyikan pengunjung dalam menikmati pantai pasir putih situbondo ini.

2. Pantai Pathek Situbondo


Pantai Pathek terletak di Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, jaraknya cukup dekat dari pusat kota sekitar 10 kilometer. Orang Situbondo sering mengistilahkan pantai pathek ini dengan istilah "pacaran tek-ngetek yang katanya berasal dari bahasa madura yang artinya pacaran secara sembunyi-sembunyi, entah darimana istilah tersebut tetapi pantai ini bisa jadi alternatif wisata anda di Situbondo.

3. Pantai Banongan Situbondo


Pantai Banongan mungkin bisa Anda jadikan sebagai alternatif untuk menikmati wisata pantai di Situbondo. Pantai yang lokasinya terletak di Desa Wringin Anom Kecamatan Asembagus ini sudah cukup terkenal, karena merupakan tempat latihan korps Marinir. Pantai Banongan memiliki garis pantai yang panjang dengan warna pasirnya yang hitam.

4. Mendaki Gunung Argopuro


Bagi para pendaki, mendaki Gunung Argopuro mungkin bisa menjadi pilihan di Situbondo. Gunung Argopuro ini memiliki ketinggian 3.088 mdpl dan merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Ada beberapa puncak yang dimiliki gunung ini, namun yang paling populer adalah Puncak Rengganis dan Puncak Argopuro. Mendaki gunung argopuro dapat melalui dua pilihan jalur, jika dari Situbondo anda bisa melalui Desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, kabupaten Situbondo.

5. Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran merupakan kawasan konservasi yang didalamnya terdapat berbagai macam flora dan fauna dengan julukannya sebagai little Africa in Java. Taman Nasional ini berada dalam wilayah Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, namun cukup dekat juga dengan Kabupaten Banyuwangi. Ada beberapa objek wisata yang bisa dinikmati pengunjung di Taman Nasional Baluran ini yaitu Pantai Bama, Savana Bekol, Pantai Lempuyang dan lain sebagainya.

5 Tempat Wisata di Situbondo Yang Menarik Untuk Dikunjungi Para Pelancong
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar