11 Tempat Wisata di Blitar Yang Wajib Anda Coba - Wisata BLITAR

Blitar, sebuah daerah yang terletak di ujung selatan provinsi Jawa Timur ini dikenal sebagai tempat dimakamkannya Bapak Proklamator sekaligus Presiden Pertama Republik  Indonesia yaitu Ir. Soekarno yang makamnya kini menjadi objek wisata religi di Blitar. Selain dikenal sebagai tempat disemayamkannya Presiden RI pertama tersebut, Blitar juga dikenal dengan julukan Kota Patria, Kota Lahar dan Kota Proklamator.

Tak hanya objek wisata religi saja yang ada di sana, Blitar juga mempunyai sejumlah tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Jika liburan Anda kali ini berencana mengunjungi Blitar, kunjungilah 11 tempat wisata di Blitar berikut ini.

1. Pantai Peh Pulo Blitar


Pantai Peh Pulo hamyalah salah satu pantai yang dapat wisatawan kunjungi di Blitar. Pantai ini memiliki banyak gugusan batu karang dan berpasir putih. Tidak sedikit yang menyebut pantai peh pulo sebagai raja ampatnya Blitar, karena disini terdapat pulau-pulau karangnya yang berada tak jauh dari bibir pantai. Pantai Peh Pulo berlokasi di Kecamatan Panggungrejo dan menuju ke lokasi masih sedikit susah.

2. Pantai Serang


Pantai Serang ini bukan di Banten melainkan di salah satu daerah di Blitar tepatnya di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Pantai Serang memiliki daya tarik tersendiri sebagai objek wisata di Blitar, karena setiap tanggal 1 Syuro di pantai ini diadakan ritual larung sesaji yang bertujuan sebagai wujud rasa syukur nelayan atas melimpahnya tangkapan ikan dan sebagai doa tolak bala agar nelayan terhindar dari segala bahaya.

3. Pantai Tambak Rejo


Selain pantai serang, ritual larung sesaji di Blitar juga dilakukan di Pantai Tambak Rejo. Namun bukan itu saja yang menjadi daya tariknya, keindahan pantai tambakrejo juga bisa Anda nikmati bersama keluarga atau rekan sejawat. Pantai yang terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Wonotirto ini cukup banyak dikunjungi masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin menikmati hari liburnya. Pantai tambakrejo sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti toilet dan dan warung makan.

4. Arung Jeram Blitar


Jika ingin wisata seru di Blitar mungkin anda bisa mencoba arung jeram di Soko Adventure, tempat wisata di blitar ini berlokasi di Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Petualangan arum jeram Anda ini bisa di lakukan di dua sungai yaitu sungai Tiko dan Sungai Lekso, sepanjang melakukan arung jeram para wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan alam pedesaan blitar.

5. Candi Penataran


Di Blitar terdapat beberapa candi yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Penataran yang terletak di Desa Penataran Kecamatan Nglegok. Komplek Candi Penataran merupakan yang terbesar di Jawa Timur dan juga salah satu yang terkenal sebagai objek wisata. Candi Penataran memiliki nama asli Candi Palah, merupakan sekumpulan bangunan kuno yang berjajar dari barat-laut ke timur kemudian berlanjut ke tenggara.

6. Candi Sawentar


Candi lain yang ada di Blitar adalah Candi Sawentar, Candi ini diduga dibangun pada awal berdirinya Majapahit. Candi Sawentar terletak di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Di dalam Kitab Negarakertagama, Candi Sawentar disebut juga Lwa Wentar. Tubuh candi lebih kecil ukurannya dibandingkan dengan kakinya, sehingga terbentuk selasar sempit di sekelilingnya. Pintu candi terletak di sisi barat, diapit oleh relung kecil di kiri dan kanannya.

7. Pantai Pangi


Kembali lagi ke Pantai yang ada di Blitar, kali ini ada Pantai Pangi yang berlokasi di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Jalur menuju pantai ini melewati Monumen Trisula dan Air Terjun Tirto Galuh. Pantai Pangi memiliki sebuah muara sungai dengan air payau yang biasa digunakan pengunjung untuk telaga berendam membersihkan badan dari pasir setelah bermain di pantai.

8. Rambut Monte


Rambut Monte lebih dikenal dengan sebuah telaga yang jernih dengan airnya yang hijau, telaga ini dihuni oleh ikan yang oleh warga sekitar disebut dengan Ikan Dewa. Padahal di sini juga terdapat Candi yang pada zaman Majapahit dulu digunakan sebagai tempat pemujaan bagi penganut agama hindu. Rambut Monte ini terletak di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari.

9. Gua Embultuk


Goa Embultuk merupakan sebuah gua alam yang terletak di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, kabupaten Blitar. Goa Embultuk ini merupakan satu-satunya gua di Blitar yang mempunyai stalagmit,  Panjang gua ini sekitar 1500 meter sedangkan luas dan tingginya sekitar 3 meter.

10. Waterpark Sumber Udel


Untuk liburan bersama anak di Blitar mungkin anda bisa mencoba mengunjungi Waterpark Sumber Udel yang berlokasi di Jalan Kalibrantas, Kelurahan Bendo, Kota Blitar atau di sebelah barat Stadion Supriyadi Kota Blitar. Waterpark di Blitar ini memiliki 3 kolam renang yang terdiri dari kolam dewasa, kolam anak dan kolam arus. Untuk harga tiket water park sumber udel ini cukup terjangkau yakni Rp. 15.000 hari biasa dan Rp. 20.000 hari libur.

11. Air Terjun di Blitar


Tak hanya pantai dan Candi, di Blitar juga ada beberapa air terjun yang bisa dikunjungi, selain Air terjun tirto galuh ada juga Air terjun Njumeg yang berlokasi di desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, serta Air terjun grenjeng yang berlokasi di desa Balerejo kecamatan Panggungrejo, Blitar.


11 Tempat Wisata di Blitar Yang Wajib Anda Coba - Wisata BLITAR
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar