9 Tempat Wisata di Jepara Yang Bagus - Wisata JEPARA

Tempat wisata di Jepara - Kabupaten yang terkenal dengan julukan Kota Ukir dan Kota kartini ini terkenal mempunyai gugusan pantai pasir putih yang menggoda, selain pantai di kepulauan karimun jawa masih banyak lagi pantai di Jepara yang dapat anda pilih. Namun tempat wisata di Jepara tidak hanya sebatas itu saja. Jika Anda mau blusukan lebih jauh, Anda akan menemukan lebih banyak lagi tempat wisata di Jepara yang layak untuk dikunjungi.

Jepara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya berbatasan dengan Laut Jawa, sedangkan Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan. Kabupaten Jepara memiliki julukan sebagai Kota Ukir karena ukiran Jepara yang berkualitas, sedangkan Kota Kartini karena Jepara merupakan kota dilahirkannya Pahlawan Nasional R.A Kartini.

1. Air Terjun Kedung Ombo dan Air Terjun Gembong


Air terjun Kedung Ombo terletak di Desa Papasan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, Air terjunnya tidak tinggi namun unik karena tebing yang dialiri air terjun ini terukir secara alami berbentuk seperti tangga yang tersusun dari bebatuan. Jika pengunjung masih kurang puas masih ada Air Terjun Gembong, dengan melakukan perjalanan yang lebih mblusuk lagi dari Kedung Ombo.

2. Pantai Gua Manik dan Benteng Portugis


Pantai Guamanik terletak di sebelah selatan Benteng Portugis (salah satu benda cagar budaya di Jepara yang juga menjadi objek wisata) lokasi tepatnya di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Di pantai gua manik ini terdapat gardu pandang/menara yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan sekitar, dari sini juga pengunjung dapat melihat pulau mandalika.

3. Karimun Jawa


Karimun Jawa adalah gugusan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau dan lima pulau diantaranya merupakan pulau berpenghuni, ada beberapa pulau yang dapat menjadi tujuan Anda di Karimun Jawa yaitu Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Tanjung Gelam, Cemara, Pulau Genting, Legon Lele dan Pulau Nyamuk. Untuk menuju ke Karimun Jawa bisa berangkat dari Pelabuhan Kartini.

3. Pantai Kartini


Pantai Kartini berada di Desa Bulu Kecamatan Jepara, hanya beberapa kilometer saja dari Pendopo Kantor Bupati Jepara. Pantai Kartini dikenal dengan bangunan kura-kura raksasanya (kura-kura ocean park) yang di dalamnya terdapat akuarium dengan berbagai jenis hewan laut, sedangkan di lantai dua ada tempat bermain anak dan bioskop 3 Dimensi.

4. Pulau Panjang


Pulau Panjang terletak tidak jauh dari daratan Jepara, kurang lebih 10 menit saja dari Pelabuhan Pantai Kartini. Di Pulau Panjang pengunjung dapat bermain di pantainya atau mengelilingi pulau dengan sepeda. Selain itu di Pulau Panjang juga terdapat wisata religi yaitu makam Syeikh Abu Bakar yang merupakan tokoh ulama Jepara.

5. Pantai Bandengan


Pantai Tirto Samudro adalah nama sebenarnya, namun sekarang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Bandengan. Di Pantai ini terdapat banyak permainan yang bisa pengunjung sewa seperti kano, pelampung sampai banana boat dan dari pantai bandengan juga pengunjung dapat menuju ke Pulau Panjang selain dari pelabuhan kartini.

6. Air Terjun Jurang Nganten


Air Terjun Jurang Nganten berada di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, lumayan tinggi dengan curahan air yang jatuh dari tebing cukup deras. Menuju ke lokasi Air Terjun Jurang Nganten ini memang agak mblusuk tetapi air terjun ini tidak kalah dengan tempat lainnya.

7. Air Terjun Songgo Langit


Air Terjun Songgo Langit Terletak di Dusun Dukuh Ngelencer, Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter, karena ketinggiannya tersebut air terjun ini dinamakan Songgo Langit yang artinya menyangga langit.

8. Air Terjun Sumenep


Air Terjun Sumenep berada di sebelah selatan wisata alam Wono Pinus Setro atau yang dikenal juga dengan Tinesan Setro, tepatnya di Dukuh Setro, Kecamatan Batealit. Air Terjun Sumenep ini terdiri dari tiga tingkat dan masing-masing memiliki ketinggian yang berbeda. Air terjun pertama atau yang paling bawah berupa dinding batu dengan tiga anak air terjun yang berjejeran, tingkat kedua berupa dinding batu membentuk setengah lingkaran dan tingkat ketiga berupa dua aliran besar dan lebih tinggi dari sebelumnya.

9. Pantai Empu Rancak


Pantai Empu Rancak terletak di bagian utara Jepara tepatnya berada di desa Karang Gondang, kecamatan Mlonggo, Jepara. Pantai ini berpasir putih, didominasi pohon pandan yang tumbuh di sekitarnya.

Demikian tempat wisata di Jepara yang bisa kami informasikan, selain tempat di atas, tentunya masih banyak lagi tempat-tempat lain yang bagus untuk dikunjungi.


9 Tempat Wisata di Jepara Yang Bagus - Wisata JEPARA
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar