11 Pilihan Tempat Wisata di Semarang Menarik Untuk Anda - Wisata SEMARANG

Tempat wisata di Semarang menawarkan beragam pilihan wisata yang bisa dinikmati pengunjung, mulai dari wisata alam, bangunan-bangunan bersejarah sampai tempat rekreasi yang seru dan menyenangkan. Jika belum tahu ingin kemana di Semarang, berikut ini ada 11 pilihan tempat wisata di Semarang yang mungkin menarik untuk Anda.

1. Candi Gedong Songo


Gedong Songo adalah sebuah komplek candi hindu peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra abad ke IX. Candi ini letaknya berada di lereng Gunung Ungaran tepatnya di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Sesuai namanya, candi ini sebenarnya terdiri dari sembilan bangunan, namun sekarang hanya tinggal empat saja yang masih utuh.

Yang Lainnya: 35 Tempat Wisata di Jogjakarta

2. Museum Kereta Api Ambarawa


Stasiun Ambarawa merupakan salah satu peninggalan kolonial di Indonesia yang saat ini dijadikan sebagai kawasan wisata dan museum kereta api. Tempat ini tidak hanya menyimpan lokomotif uap yang pernah beroperasi di Indonesia saja namun juga masih mengoperasikannya. Salah satunya adalah lori, kereta kayu bertenaga uap.

Yang Lainnya: 13 Tempat Wisata di Surabaya

3. Air Terjun Lawe Benowo


Air Terjun Lawe dan Benowo merupakan dua air terjun berdekatan yang terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Jalurnya masuk dalam kawasan perkebunan cengkih milik PT Cengkih Zanzibar. Pesona alam yang ditawarkan kedua curug ini sangat indah dengan kondisi alam yang hijau asri dengan panorama pegunungan kaki gunung Ungaran.

4. Air Terjun Tujuh Bidadari


Sesuai dengan namanya, air terjun tujuh bidadari memiliki tiga tingkatan dengan tujuh buah air terjun yang masing-masing berbeda ukuran dan tinggi. Air terjun ini terletak di desa Keseneng, kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Selain memiliki tujuh air terjun, di sini juga terdapat sebuah sumur tua dengan sumber air yang tidak pernah habis dan konon dipercaya memiliki khasiat.

5. Air Terjun Semirang


Satu lagi air terjun yang ada di Semarang adalah Air Terjun Semirang. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini terletak di Desa Gogik, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Jalan menuju air terjun dari pintu masuk sekitar 1 km dan di sana juga sudah terdapat warung-warung penjual makanan.

6. Gereja Blenduk


Disebut Gereja Blenduk karena bentuk kubahnya yang seperti irisan bola, sehingga orang mengatakan “mblenduk”. Bangunannya berbentuk segidelapan beraturan (hexagonal) dengan gaya bangunan eropa yang berkembang zaman dulu. Gereja ini adalah gereja tertua di Jawa Tengah, salah satu bangunan kuno di lingkungan Kota Lama yang sampai sekarang masih digunakan untuk tempat ibadah.

7. Klenteng Sam Poo Kong


Klenteng Sam Poo Kong dikenal juga dengan nama Klenteng Gedong Batu. Bangunan ini memiliki luas 1.020 meter persegi dan didominasi warna merah sangat megah. Klenteng ini didirikan oleh Sam Poo Tay Djien atau yang dikenal juga dengan nama Laksamana Cheng Ho (seorang pelaut muslim yang melakukan perjalanan ke penjuru dunia).

8. Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa Tengah terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kabupaten Semarang. Pembangunannya dimulai pada tahun 2001 dan diresmikan oleh Presiden SBY pada tahun 2006. Masjid ini menempati lahan seluas 10 hektar dan memiliki payung raksasa hidrolik seperti yang terdapat di Masjid Nabawi Madinah.

9. Lawang Sewu


Lawang Sewu merupakan salah satu dari ratusan bangunan bersejarah yang ada di Kota Semarang. Pada masa kolonial bangunan ini digunakan Belanda sebagai Kantor Pusat Kereta Api, atau lebih dikenal dengan Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaappij ( NIS ). Karena gedung ini memiliki jumlah pintu dalam jumlah banyak, seakan-akan seperti seribu maka bangunan ini sekarang dikenal dengan sebutan lawang sewu.

10. Goa Kreo dan Bendungan Jatibarang


Goa Kreo dan Bendungan Jatibarang lokasinya berada di Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Merupakan objek wisata yang berada dalam satu lokasi yang sama. Goa Kreo dihuni ratusan kera dan dipercaya pernah menjadi tempat petilasan sunan kalijaga.

11. Water Blaster


Bagi yang ingin berenang di Semarang ada Water Blaster, sebuah tempat rekreasi air keluarga di Semarang yang memiliki berbagai wahana permainan air yang seru, lengkap dengan fasilitas pendukungnya. Water Blaster berlokasi di Jl.Bukit Candi Golf no.1, Semarang. Harga tiket masuknya Rp. 50.000 (hari biasa) dan Rp. 65.000 hari libur.


11 Pilihan Tempat Wisata di Semarang Menarik Untuk Anda - Wisata SEMARANG
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar