5 Tempat Wisata di Sragen Yang Menarik Untuk Kunjungan Wisata Anda

Kabupaten Sragen yang dikenal dengan sebutan bumi Sukowati punya sejumlah objek wisata yang menarik untuk kunjungan wisata anda, selain berwisata ke Museum Sangiran pengunjung juga dapat mengunjungi tempat rekreasi atau berwisata membuat batik di Sragen. Ingin tahu apa saja tempat tersebut? Berikut ini adalah tempat wisata di Sragen.

1. Museum Purbakala Sangiran


Museum Purbakala Sangiran terletak di desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen. Merupakan situs fosil manusia purba paling lengkap, mewakili 65% dari jumlah seluruh fosil manusia purba di Indonesia dan 50% dari jumlah fosil sejenis di dunia. Museum Sangiran menyimpan puluhan ribu fosil purba dari zaman pleistocen yang terdiri dari fosil manusia, fosil binatang darat dan air, batu-batuan serta alat-alat batu yang digunakan oleh manusia purba.

Fasilitas yang tersedia di Museum ini adalah pusat kuliner dan kerajinan tangan, menara pandang yang dilengkapi ruang audio visual, pemutaran film dokumenter dan fasilitas penginapan berupa guest house yang dilengkapi pendopo dengan kapasitas 50 orang. Jam buka museum sangiran setiap hari selasa-minggu pukul 08.00-16.00 WIB.

2. Ndayu Park


Ndayu Park atau Taman Ndayu terletak di Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen. Merupakan tempat wisata di Sragen yang menyediakan wahana rekreasi menyenangkan untuk liburan bersama keluarga. Disini tersedia Waterboom, Kebun Binatang Mini, Outbound, serta Agrowisata dimana anak-anak bisa bertanam padi atau memanen hasil kebun. Selain fasilitas tersebut, Ndayu Park juga menyediakan penginapan, tempat pertemuan serta gerai makanan dan minuman.

3. Desa Wisata Batik Kliwonan


Kliwonan adalah nama desa di Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen yang dikenal sebagai desa pengrajin batik, letaknya sekitar 12 KM sebelah selatan pusat kota Kabupaten Sragen. atau 15 KM sebelah timur laut kota Solo. Di Desa Wisata Batik Kliwonan ini pengunjung tidak hanya dapat berbelanja batik saja, tetapi juga dapat melihat proses pembatikan sekaligus belajar membuat batik.

4. Galeri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen


Selain belanja batik di Desa Kliwonan pengunjung juga dapat berbelanja batik di Galeri Batik Sukowati dan Sentra Bisnis Batik Sragen atau yang disingkat SBBS, letaknya ada di pusat kota Sragen, cukup dekat dari kantor Pemerintahan Kabupaten. SBBS dan Galeri Batik Sukowati merupakan pusat perbelanjaan dan sirkulasi kerajinan batik Sragen. Dua lokasi itu merupakan gerai penjualan para pelaku bisnis di bidang industri batik.

5. Waduk Kedung Ombo


Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan raksasa seluas 6.576 hektar yang areanya mencakup sebagian wilayah di tiga Kabupaten Jawa Tengah dan salah satunya termasuk Sragen. Di Sragen, Waduk Kedung Ombo ini terletak di Kecamatan Sumberlawang sekitar 30 km dari pusat kota.

Di waduk kedung ombo ini pengunjung dapat menikmati pemandangan disertai semilir angin yang berhembus, selain itu tersedia juga perahu-perahu yang siap mengantarkan pengunjung untuk berkeliling. Jika lapar, pengunjung dapat menikmati santapan ikan bakar di warung-warung yang tersedia di sekitar waduk.

5 Tempat Wisata di Sragen Yang Menarik Untuk Kunjungan Wisata Anda
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar