8 Tempat Wisata di Karanganyar Yang Bisa Anda Pilih - Wisata Karanganyar

Tempat Wisata di Karanganyar - terletak di lereng Gunung Lawu sisi barat, Kabupaten Karanganyar memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan, selain itu lokasinya yang berdekatan dengan kerajaan Mataram di Surakarta/Solo juga membuat Karanganyar memiliki banyak objek wisata sejarah yang dapat anda kunjungi. Dengan potensi wisata yang ada di Karanganyar tersebut tentunya Kabupaten Karanganyar sangat layak untuk menjadi salah satu tujuan wisata anda.

Karanganyar adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal memiliki makanan khas sate kelinci, dimana makanan tersebut dapat banyak anda temukan di daerah Tawangmangu. Kabupaten Karanganyar memiliki dataran paling rendah dengan ketinggian sekitar 90 mdpl sedangkan dataran paling tinggi karanganyar adalah 590 mdpl. Di Karanganyar juga terdapat makam mantan Presiden Soeharto yang tidak jarang dikunjungi para peziarah.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu


Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun yang dapat anda kunjungi di Karanganyar, letaknya berada di Kecamatan Tawangmangu. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 81 meter dan lokasinya dapat dengan mudah dijangkau dengan motor atau mobil. Di air terjun Grojogan Sewu ini sudah tersedia beberapa fasilitas permainan seperti kolam renang, flying fox, mini rafting serta lain sebagainya.

2. Air Terjun Jumog


Air Terjun Jumog dapat menjadi pilihan wisata di Karanganyar berikutnya, lokasinya berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Air terjun yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat ini telah dibuka sejak 2004 dan sampai sekarang telah dipercantik sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas seperti permainan anak, gazebo serta kolam renang.

3. Air Terjun Parang Ijo


Masih belum puas mengunjungi dua air terjun yang ada di Karanganyar? Anda dapat menuju ke air terjun berikutnya yaitu Air Terjun Parang Ijo yang berlokasi di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, letaknya tidak jauh dari kompleks Candi Cetho. Nama Parang ijo artinya adalah berada diantara dua tebing asalnya dari cerita masyarakat yang bisa kalian cari di Google.

4. Taman Wisata Edupark


Taman Wisata Edupark berlokasi di Jalan Gatot subroto Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, satu kawasan dengan kolam renang intan pari. Tempat ini merupakan objek wisata terbaru yang ada di Kabupaten Karanganyar. Adapun wahana yang bisa dinikmati pengunjung disini adalah pesawat boeing 737-300 yang diberi nama Lawu Air Karanganyar serta dua helikopter jenis Bolco.

5. Museum Dayu


Museum Dayu juga termasuk tempat wisata terbaru di Karanganyar yang bisa anda kunjungi. Museum yang terletak di Desa Dayu, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar ini adalah sebuah museum purbakala yang menjadi bagian dari situs purbakala sangiran. Di museum ini pengunjung dapat memperoleh informasi dan mempelajari bagaimana kehidupan manusia purba jutaan tahun silam.

6. Taman Wisata Sondokoro


Taman wisata sondokoro terletak di kawasan pabrik gula tasikmadu yang didirikan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo pada tahun 1971, lokasi tepatnya berada di Desa Sondokoro, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Di taman wisata sondokoro ini wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia seperti kolam renang, flying fox, serta naik kereta tebu.

7. Kebun Teh Kemuning


Kebun Teh Kemuning dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin menikmati sejuknya udara pegunungan serta pemandangan yang hijau di Karanganyar, karena di sini anda dapat jalan-jalan di tengah kebun teh yang luas sambil berfoto dengan latar belakang yang indah. Lokasi kebun teh kemuning ini berada di Ngargoyoso, letaknya diantara candi sukuh dan candi cetho.

8. Candi di Karanganyar


Ada sekitar 3 buah candi yang berada di Karanganyar yaitu Candi Cetho, Candi Sukuh dan Candi Kethek, namun yang sering dikunjungi para wisatawan adalah Candi Cetho dan Candi Sukuh. Candi Cetho dan Candi Kethek berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, sedangkan Candi Sukuh berlokasi di Desa Sukuh, Kecamatan Ngargoyo.


8 Tempat Wisata di Karanganyar Yang Bisa Anda Pilih - Wisata Karanganyar
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar