6 Tempat Wisata di Temanggung Yang Mudah Diakses - Wisata TEMANGGUNG

Tempat wisata di Temanggung sebenarnya tidak kalah menarik untuk dikunjungi, tetapi karena diapit oleh dua Kabupaten yang potensi wisatanya sangat terkenal, Temanggung seringkali hanya menjadi daerah perlintasan para wisatawan yang melakukan perjalanan menuju Dieng ataupun Borobudur.

Temanggung merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di tengah Pulau Jawa dan secara topografi wilayah Kabupaten Temanggung merupakan dataran tinggi, di sebelah selatan dan barat Temanggung terdapat dua buah gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 3100 mdpl yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

1. Pikatan Waterpark

Pikatan Waterpark Temanggung

Mencari tempat berenang di Temanggung? Anda dapat mengunjungi Pikatan Waterpark yang berlokasi di Desa Mudal, Kecamatan Temanggung. Taman bermain air ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan telah dilengkapi 10 buah "waterslide", 5 kolam renang, ember tumpah, serta permainan sliding. Nama waterpark ini diambil dari nama seorang raja yang memerintah kerajaan Mataram Hindu yaitu Rakai Pikatan.

2. Curug Surodipo/Trocoh

Curug Surodipo/Curug Trocoh Temanggung

Curug Surodipo atau yang dikenal juga dengan nama Curug Trocoh merupakan air terjun dengan ketinggian 120 meter yang terletak di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Nama trocoh sendiri artinya adalah selalu mengeluarkan air, sedangkan Surodipo berasal dari nama seorang pengikut setia Pangeran Diponegoro yang ikut dalam perang melawan Belanda.

3. Dataran Tinggi Posong

Pemandangan dari Posong, Temanggung, Jawa Tengah

Bagi anda yang ingin melihat keindahan sunrise di Temanggung dapat mengunjungi objek wisata Posong yang berlokasi di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung. Tempat wisata di Temanggung yang satu ini berada di ketinggian 2.000 mdpl dan memiliki suhu udara yang sejuk. Selain menyajikan keindahan matahari terbit, dataran tinggi Posong juga menawarkan pemandangan 7 puncak gunung di Jawa Tengah.

4. Embung Kledung

Pemandangan dari Embung Kledung, Temanggung

Setelah puas menikmati sunrise di Posong anda bisa menuju ke tempat wisata di Temanggung berikutnya yaitu Embung Kledung atau sebuah waduk buatan yang lokasinya berada tidak jauh dari Posong, letak embung kledung yang berada di tengah-tengah antara Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing membuat tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat menarik.

5. Gunung Sumbing dan Sindoro

Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro Temanggung

Jika suka mendaki gunung, anda dapat mendaki Gunung Sumbing yang memiliki ketinggian 3.371 meter atau Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3.150 meter, kedua gunung tersebut sama-sama menarik dan tentunya memiliki tantangan tersendiri untuk para pendaki.

6. Candi Pringapus

Candi Pringapus Temanggung

Tempat wisata di Temanggung berikutnya ada Candi Pringapus yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 850 M, lokasinya terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Candi Pringapus berarsitek Hindu Syiwa dan merupakan replika Mahameru. Hal ini terbukti dengan adanya arca Lembu Nandini, kendaraan Syiwa, dan relief hapsara-hapsari yang menggambarkan makhluk setengah dewa.


6 Tempat Wisata di Temanggung Yang Mudah Diakses - Wisata TEMANGGUNG
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar