4 Tempat Wisata Air dan Pegunungan di Boyolali

Tempat wisata di Boyolali terdiri dari wisata pegunungan, wisata air dan wisata ziarah, namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan dua objek wisata saja diantara ketiga bagian tersebut yakni wisata pegunungan dan wisata air di Boyolali, karena menurut saya lebih dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

Boyolali merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang sangat terkenal dengan usaha sapi perahnya, letaknya berada di lereng Gunung Merapi dan Merbabu sehingga memiliki pemandangan yang cukup menarik untuk dipandang. Selain panorama pegunungan, Boyolali juga memiliki tempat wisata berupa mata air alami yang dikelola dengan baik menjadi tempat wisata air.

1. Selo


Selo merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak diantara lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, dimana anda dapat menikmati pemandangan dua gunung tersebut ditambah suasana pedesaan. Ada dua desa wisata di kawasan wisata selo ini yaitu Desa Samiran dan Desa Lencoh di Kecamatan Selo. Selain bisa menikmati pemandangan gunung tersebut anda juga bisa mendaki ke gunung merbabu melalui jalur selo atau menonton film dokumenter di Merapi Theater.

2. Umbul Pengging


Umbul Pengging merupakan sebuah tempat pemandian di Boyolali yang airnya berasal dari mata air yang sangat jernih, letaknya berada di Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali. Informasi yang beredar mengatakan bahwa dulunya Umbul Pemgging ini merupakan tempat bersantai Raja dan Keluarganya namun sekarang sudah dapat dikunjungi masyarakat umum. Umbul pengging terdiri dari tiga kolam yaitu Umbul Temanten, Umbul Ngabean dan Umbul Sungsang.

3. Umbul Tlatar


Umbul Tlatar juga tidak kalah menarik dikunjungi, sebuah komplek wisata yang terletak di Desa Kebonbimo ini menawarkan sejumlah wisata air yang bisa dinikmati bersama keluarga seperti taman air, tempat pemancingan, terapi ikan, becak air, kolam renang dan rumah makan apung. Salah satu spot yang paling menarik perhatian pengunjung Umbul Tlatar adalah Kolam Keceh, sebuah kolam dengan banyak ikan yang airnya berasal dari mata air alami gunung merapi-merbabu dimana anak-anak dapat menangkap ikan-ikan tersebut.

4. Waduk Kedung Ombo


Waduk Kedung Ombo sebuah waduk yang cukup besar dan wilayahnya mencakup tiga kabupaten di Jawa Tengah yaitu Boyolali, Grobogan dan Sragen dibangun pada 1980 dan selesai tahun 1991. Selain disuguhkan pemandangan waduk yang cukup besar pengunjung juga dapat mencoba makanan di restoran terapung yang menyajikan menu ikan bakar, tidak hanya itu saja pengunjung juga dapat mengelilingi waduk dengan perahu yang tersedia.


4 Tempat Wisata Air dan Pegunungan di Boyolali
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar