14 Tempat Wisata di Kebumen Ini Tidak Boleh Dilewatkan - Wisata Kebumen

Tempat Wisata di Kebumen - Tempat wisata di Kebumen cukup banyak dan tentu saja menarik untuk dikunjungi, tidak hanya sekedar pantai saja namun objek wisata alam lainnya dapat menjadi pilihan wisata anda dan keluarga yang sangat menyenangkan. Jika liburan nanti anda berkunjung ke Kebumen, jangan lewatkan tempat wisata yang ada di Kebumen berikut ini.

Baca Juga: 10 Pantai di Kebumen dan Lokasinya

Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang secara administratif terdiri dari 26 kecamatan, luas wilayah Kabupaten Kebumen adalah 128.111,50 hektar dengan kondisi sebagian besar daerahnya merupakan dataran rendah, sedangkan di beberapa wilayah merupakan daerah pantai dan sebagian lagi merupakan perbukitan.

1. Goa Jatijajar


Tempat wisata di kebumen yang pertama ada Goa Jatijajar yang cukup terkenal di Kebumen. Goa Jatijajar ini sudah diberikan beberapa fasilitas penerangan dan jalan sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati suasana di dalam gua, lokasi objek wisata di kebumen ini terletak sekitar 21 km dari kota Gombong atau 42 km barat daya kota Kebumen.

2. Goa Petruk


Tempat wisata di Kebumen yang kedua ada Goa Petruk yang terletak sekitar 7 km dari Goa Jatijajar. Goa Petruk ini masih alami dan belum diberikan penerangan sehingga pengunjung harus ditemani pemandu dengan menggunakan sepatu boot, head lamp dan helm pelindung kepala untuk menyusuri goa petruk ini. Jarak terpanjang menyusuri Goa Petruk adalah 664 meter dan jarak terdekatnya 150 meter.

3. Pantai Logending/Ayah


Pantai Ayah atau yang disebut juga pantai logending letaknya tidak jauh dari tempat wisata di kebumen yang pertama kira-kira jaraknya 11 km. Di pantai ini terdapat jembatan yang cukup panjang untuk memudahkan pengunjung menikmati pantai, nama pantai logending berasal dari lo  sebuah pohon yamg kayunya dapat dijadikan alat musik jawa yang disebut gending, sedangkan nama pantai ayah berasal dari Desa/Kecamatan pantai ini berada.

4. Pantai Suwuk


Pantai Suwuk memiliki ombak yang besar dan selalu ramai dikunjungi saat musim liburan, pantai ini sudah dikelola cukup baik dengan adanya fasilitas perahu wisata, kuda tunggang, warung makan, serta permainan lainnya. Pantai Suwuk terletak di Desa Tambakmulyo, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen, berbatasan langsung dengan pegunungan kapur yang menjadi pemandangan tersendiri dari pantai ini.

5. Pantai Karangbolong


Pantai Karangbolong Kebumen berbatasan langsung dengan Pantai Suwuk sehingga anda dapat langsung menyeberang menggunakan perahu atau melalui jalan darat untuk menuju ke Pantai ini. Pantai Karangbolong sangat terkenal sekali dengan batu karang yang besar dan berlubang, sehingga pantai ini dinamakan pantai karang bolong.

6. Pantai Petanahan


Pantai Petanahan memiliki ombak yang cukup besar dan dapat digunakan untuk mandi namun pengunjung diharuskan tetap berhati-hati saat mandi di pantai petanahan ini. Pantai Petanahan juga telah dilengkapi fasilitas wisata yang memadai dan lolasinya sangat mudah dicapai dengan berbagai kendaraan, letaknya di Desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.

7. Benteng Van Der Wijk


Benteng Van Der Wijk dahulu adalah milik kolonial Belanda, namun sekarang telah berubah menjadi salah satu tempat wisata di Kebumen yang menarik dengan tambahan berbagai fasilitas seperti taman, kolam renang, dan area permainan anak. Benteng Van Der Wijk secara keseluruhan berwarna merah karena dibangun dengan menggunakan batu bata merah. Letak tempat wisata ini berada di Gombong, Kebumen.

8. Pantai Menganti


Jika sudah sering berkunjung ke tempat wisata di kebumen sebelumnya, cobalah berkunjung ke Pantai Menganti yang menyajikan nuansa berbeda dari pantai-pantai lainnya yang ada di Kebumen. Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah, dikelilingi dengan bukit dan tebing tinggi yang bisa dinaiki pengunjung untuk melihat panorma pantai menganti dari ketinggian.

9. Geowisata Karangsambung LIPI


Geowisata Karangsambung bisa dikatan sebagai objek wisata khusus bersifat wisata ilmiah untuk anda yang ingin melihat dan ingin tahu seperti apa wujud batuan dasar samudera, batuan dasar Pulau Jawa yang terangkat, bekas-bekas tumbukan dan aneka batu-batu mulia karena daerah Karangsambung ini merupakam tempat terhimpunya beraneka ragam batuan yang muncul dari perut bumi. Untuk mendapat informasi geologi tersebut pengunjung bisa mendatangi kantor lipi yang ada di sana.

10. Jembangan Wisata Alam


Jembangan Wisata Alam terletak di Desa Wisata Jembangan yang berada di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen, merupakan desa wisata yang menawarkan wisata alam danau dengan fasilitas rekreasi seperti perahu naga untuk mengelilingi danau, perahu kayuh, jembangan fantasy zoo serta yang terbaru adalah jembangan view berupa restaurant di atas danau dengan pemandangan yang menarik.

11. Jemur Adventure Park


Jemur Adventure Park merupakan tempat wisata di kebumen yang diresmikan pada 14 Maret 2014 oleh Bupati Kebumen H. Buyar Winarso, letaknya di Desa Jemur Kecamatan/Kabupaten Kebumen. Adapun wahana permainan yang tersedia disini adalah flying fox, panjat dinding serta ruang pertemuan berupa pendopo sederhana bernuansa alam.

12. Waduk Sempor


Waduk/Bendungan sempor terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Selain berfungsi sebagai sarana irigasi bagi ribuan hektar sawah di wilayah Gombong, Waduk Sempor juga menyimpan potensi sebagai objek wisata. Daya tarik dari waduk sempor ini adalah pemandangan alam di sekitar waduk yang menyatu dengan perbukitan di sekitarnya, anda juga dapat mengelilingi waduk dengan menggunakan perahu yang tersedia.

13. Pemandian Air Panas Krakal


Di Kebumen terdapat pemandian air panas yang dapat anda manfaatkan untuk berwisata sekaligus menyehatkan, karena pemandian air panas ini mengandung zat yang baik untuk tubuh. Tersedia sekitar enam ruangan mandi tertutup yang ada di pemandian air panas krakal ini yang telah dilengkapi dengan bathub dan keran yang mengeluarkan air panas. Letak pemandiam air panas krakal terletak di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.

14. Waduk Wadaslintang


Waduk wadaslintang dikerjakan tahun 1982 dan diresmikan oleh mantan presiden soeharto tahun 1988, fungsi utamanya adalah untuk irigasi, penampung air, perikanan dan juga pariwisata. Terletak di perbatasan Kebumen dan Wonosobo, waduk wadaslintang dapat anda nikmati dengan memancing atau melihat-lihat pemandangannya yang cukup menarik untuk objek foto.

Demikian informasi dari saya mengenai 14 tempat wisata di Kebumen yang tidak boleh dilewatkan ketika anda berkunjung ke Kebumen.


14 Tempat Wisata di Kebumen Ini Tidak Boleh Dilewatkan - Wisata Kebumen
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar