5 Tempat Wisata di Cirebon yang Sering Dikunjungi

Tempat Wisata di Cirebon - Bagi anda yang sering melakukan perjalanan mudik melewati jalur pantura tentunya sudah tidak asing lagi dengan Cirebon. Daerah yang terkenal dengan kuliner nasi jamblang dan empal gentongnya ini ternyata punya beberapa tempat wisata yang menarik untuk dinikmati.

Cirebon merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menjadi pintu masuk sekaligus perbatasan antara barat dan dan tengah. Selain dikenal dengan kulinernya, Cirebon juga dikenal dengan batiknya. Untuk anda yang mencari tempat wisata di Cirebon, berikut informasinya untuk anda.

1. Keraton Kasepuhan

keraton kasepuhan cirebon

Cirebon memiliki banyak keraton yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Keraton Kasepuhan. Keraton Kasepuhan merupakan yang paling terawat diantara keraton yang ada di Cirebon lainnya, di tempat ini anda bisa berkeliling keraton sambil melihat benda-benda  koleksi peninggalan kerajaan.

2. Keraton Kanoman

pendopo keraton kanoman cirebon

Selain Keraton Kasepuhan, satu lagi yang bisa anda kunjungi di Cirebon adalah Keraton Kanoman, lokasinya berada di dekat pasar Kanoman. Keraton ini didirikan pada tahun 1588 Masehi oleh Sultan Kanoman I yang merupakan keturunan dari Sunan Gunung Jati. Sama seperti keraton kasepuhan, keraton kanoman juga masih menyimpan beragam kokeksi benda peninggalan kerajaan.

3. Taman Sari Gua Sunyaragi

gua sunyaragi cirebon

Terletak tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Brigjend Dharsono Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, ada sebuah komplek bangunan yang cukup unik dengan dekorasi batu karangnya yaitu Taman Sari Gua Sunyaragi. Salah satu bangunan sejarah yang ada di Cirebon ini dahulu merupakan tempat peristirahatan bagi raja dan keluarganya. Terdapat 12 bangunan di Gua Sunyaragi dengan nama dan fungsi masing-masing.

4. Waterland Ade Irma Suryani Cirebon

ais waterland cirebon

Jika ingin berenang di Cirebon, anda bisa mengunjungi Waterland Ade Irma Suryani yang lokasinya terletak di bekas Taman Ade Irma Suryani. Tempat wisata di Cirebon ini memiliki beberapa jenis kolam serta beberapa wahana air yang bisa dinikmati, selain itu ada juga cottage bagi pengunjung yang ingin menginap. Harga tiket Cirebon Waterland ini adalah Rp. 50 ribu (hari biasa) dan Rp. 65 ribu (hari libur).

5. Bukit Gronggong


Setelah mengelilingi tempat wisata di Cirebon, anda bisa menyantap kuliner sambil melihat pemandangan malam Kota Cirebon dari ketinggian di Bukit Gronggong, lokasinya terletak di perbatasan antara Cirebon dan Kuningan. Kawasan ini bisa dibilang seperti puncaknya Cirebon, karena banyak terdapat restoran di pinggir jalan yang berliku.

5 Tempat Wisata di Cirebon yang Sering Dikunjungi
Reviewed by alltempatwisata
Rating: 4,5

You Might Also Like

0 komentar